Dark/Light Mode

Perkuat Logistik Di Aceh, ASDP Luncurin KMP Aceh Hebat 2

Selasa, 2 Februari 2021 12:32 WIB
KMP Aceh Hebat 2. (Foto: Ist)
KMP Aceh Hebat 2. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memperkuat layanan penyeberangan di Aceh. Dengan mengoperasikan KMP Aceh Hebat 2 yang melayani lintasan Ulee Lheue-Balohan setiap harinya.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, ASDP memastikan layanan penyeberangan tetap hadir untuk sektor logistik demi menjaga pasokan di daerah agar harga tetap stabil.

Baca juga : 99 Persen Listrik Di Manado Kembali Normal

"Dengan hadirnya KMP Aceh Hebat 2 ini kami harapkan dapat menambah dan memudahkan akses transportasi masyarakat dan sektor logistik, terutama yang mengangkut bahan pokok menuju Sabang dan sekitarnya dengan lebih cepat, aman, nyaman, dan selamat," ujarnya, Selasa (2/2).

Shelvy menjelaskan, KMP Aceh Hebat 2 ini menjadi kapal keempat yang dioperasikan ASDP di lintasan Ulee Lheue-Balohan setelah KMP BRR dan KMP Tanjung Burang.

Baca juga : Pasar Kosmetik Besar, Sandi Luncurin OK OCE Beauty

Sementara, KMP Papuyu melayani rute perintis Ulee Lheue-Lamteng dan Ulee Lheue-Serapung. KMP Aceh Hebat 2 berukuran 1186 Gross Register Tonnage (GRT). Dibangun galangan PT Adi Luhung Saranasegara dengan kapasitas angkut 300 orang penumpang dan 26 unit kendaraan campuran.

Untuk lintas Ulee Lheue-Balohan dengan jarak 18 mil, kata Shelvy, dibutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam 20 menit per trip. Kapal ini dilayani dengan total sekitar 15 orang anak buah kapal (ABK). Selain itu, tren pengguna jasa di lintas ini banyak didominasi pejalan kaki dan kendaraan barang golongan IV, V, dan VI yang biasanya membawa bahan makanan, elektronik, dan material bangunan.

Baca juga : Perkuat Pasar di Aceh, BNI Syariah Tambah 6 Outlet

"Tiap hari KMP Aceh Hebat 2 melayani lintas Ulee Lheue-Balohan dengan waktu keberangkatan dari Ulee Lheue-Balohan pukul 07.30 WIB lalu berangkat lagi dari Balohan-Ulee Lheue pukul 10.30 WIB," ucapnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.