Dark/Light Mode

Grafik Perjalanan Kereta Api  2021 Berlaku Hari Ini,

KAI Daop 1 Jakarta Operasikan 1.662 Layanan KA

Rabu, 10 Februari 2021 14:42 WIB
Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional (KAI Daop) 1 Jakarta bakal menjalankan total 1.662 perjalanan KA, sesuai program Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2021.

Executive Vice President (EVP) KAI Daop 1 Jakarta Eko Purwanto mengatakan, induk usahanya, yakni PT KAI (Persero) mulai memberlakukan Gapeka 2021 pada Rabu (10/2).

Khusus KAI Daop 1 Jakarta, kata dia, terdapat peningkatan jumlah perjalanan KA tahun ini, dibanding program Gapeka 2019.

Baca juga : Hari Ini, KPK Garap 6 Saksi Lagi

"Bila pada Gapeka sebelumnya, terdapat 1.636 perjalanan KA, kini pada Program Gapeka 2021 secara total terdapat 1.662 perjalanan KA," ujarnya, di Jakarta, kemarin.

Ia merincikan, total perjalanan tersebut terdiri dari 93 KA Jarak Jauh, 49 KA Fakultatif, 54 KA Barang, 32 KA Lokal, 1.151 KA Commuter, 70 KA Bandara, 65 Dinas Rangkaian, dan 148 Dinas Lokomotif.

Tahun ini juga ada peningkatan layanan KA lainnya di wilayah Daop 1 Jakarta. Antara lain penambahan KA Lokal Merak menjadi 14 perjalanan KA, dari sebelumnya hanya 12 perjalanan KA. Selain itu, perubahan relasi KA Lokal Walahar  yang sebelumnya memiliki relasi Tanjung Priok - Cikampek - Purwakarta (PP/Pulang-Pergi), menjadi  Cikarang - Cikampek - Purwakarta (PP).

Baca juga : Penjualan Tiket Kereta Di Gambir, Pasar Senen Dan Jakarta Kota Ludes 86 Persen

Lalu, penambahan pemberhentian jumlah KA Jarak Jauh (KAJJ) di Stasiun Bekasi, yakni 24 KA melayani penumpang naik dan 42 KA melayani penumpang turun. Sehingga pada Gapeka 2021, terdapat 66 KAJJ yang melayani naik atau turun penumpang di Stasiun Bekasi.

"Pada Gapeka 2021, perjalanan KAJJ dari tiga stasiun keberangkatan juga berubah, menjadi 35 KAJJ dari Stasiun Gambir, 27 KAJJ dari Stasiun Pasarsenen dan dua KAJJ dari Stasiun Jakarta Kota," katanya.
Menurutnya, di masa pandemi Covid-19 saat ini, belum seluruh KA yang ada pada program Gapeka 2021 dijalankan. Pihaknya masih harus melakukan penyesuaian perjalanan yang dapat bertambah atau berkurang sewaktu-waktu. Namun, hal tersebut akan selalu disosialisasikan melalui berbagai media informasi resmi KAI.

"Saat ini, realisasi perjalanan KAJJ yang beroperasi dari area Daop 1 Jakarta hanya sebanyak 15 KA, yaitu keberangkatan dari Gambir 8 KA, Pasar Senen 6 KA dan Jakarta Kota hanya satu KA," ungkapnya. [IMA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.