Dark/Light Mode

Harus Ada Terobosan Yang Berdampak

Hari Ini, Jokowi Tagih Janji Pembantunya

Senin, 29 Juni 2020 12:46 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: ist)
Presiden Jokowi. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sempat meluapkan emosinya pada Sidang Kabinet Paripurna, Kamis (18/6) lalu, kini Presiden Jokowi berbicara lebih pelan. Adem, tapi tajam menohok ke sasaran. 

Setelah 11 hari berlalu, Jokowi mulai menagih terobosan pada para pembantunya di rapat terbatas (ratas) mengenai Percepatan Penanganan Dampak Pandemi Covid-19. 

Baca juga : Tetap Terapkan PSBB, Hari Ini KRL Mulai Beroperasi Kembali

"Sekali lagi saya minta agar kita bekerja tidak linier," ucap Jokowi di awal pengantar ratas, di Istana Merdeka, Senin (29/6).

Selain melakukan evaluasi, ia juga menagih terobosan dari para menterinya. "Saya minta ada sebuah terobosan yang bisa dilihat oleh masyarakat," pintanya. Terobosan yang dimaksud, kata Jokowi harus betul-betul berdampak pada percepatan penanganan Covid-19. "Jadi tidak datar-datar saja," tambahnya.

Baca juga : Obat Herbal Corona, Pengamat Ini Sarankan Jokowi Panggil Penemu Jamu Pancasila

Mantan Wali Kota Solo itu kemudian mencontohkan terobosan-terobosan yang dimaksud. Antara lain seperti menambah personel dari pusat, atau tenaga medis dari pusat untuk provinsi-provinsi di luar DKI yang menunjukkan tren penyebaran yang masih tinggi.

"Yang kedua, mungkin bisa dibantu lebih banyak peralatan dan betul-betul dua hal tadi kita kontrol untuk provinsi. Karena kalau tidak kita bantu dan masih datar seperti ini, ini enggak akan ada pergerakan yang signifikan," nilai Kepala Negara.

Baca juga : Perpanjang PSBB DKI Sampai 4 Juni, Anies Bicara Penghabisan

Selanjutnya, Jokowi juga meminta agar daerah-daerah yang mulai masuk ke new normal, untuk melalui tahapan-tahapan dengan benar. Baik itu prakondisi maupun timing-nya. "Diberikan panduan, ada guidance dari pusat. Sehingga mereka tidak salah," tegas Jokowi, dengan nada rendah. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.