Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Di Depan Ribuan Mahasiswa

Tanri Abeng Kasih Bocoran Dongkrak UMKM

Selasa, 2 April 2019 19:22 WIB
Komisaris Utama PT Pertamina Tanri Abeng (kiri). (Foto: Pertamina)
Komisaris Utama PT Pertamina Tanri Abeng (kiri). (Foto: Pertamina)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisaris Utama PT Pertamina Tanri Abeng menjadi pembicara di Universitas Muhammadiyah Makassar, Senin (1/4). Dalam kesempatan itu dia bercerita tentang pentingnya kolaborasi antara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Rakyat (BUMR) karena dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Kuliah umum tersebut bertema BUMN Sebagai Lembaga Pelaku Ekonomi Negara Dan Politik Ekonomi Inklusif Melalui BUMR. Acara yang digelar di Balai Sidang Muktamar Universitas Muhammadiyah Makassar dihadiri 2.000 mahasiswa.

Baca juga : Kursi Juara Bertahan Digoyang Istri Eks Gubernur Dan Eks Bupati

Menurut Tanri, berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada 2017 mencapai 62.922.617 unit usaha dan Usaha Besar 5.460 unit usaha. Ini menunjukkan bahwa betapa besarnya kontribusi UMKM terhadap perkembangan dan pertumbuhan di Indonesia.

Menurut dia, salah satu cara untuk membesarkan UMKM sekaligus meningkatkan produktivitasnya adalah mendirikan Badan Usaha Milik Rakyat (BUMR). “BUMR diharapkan dapat mengatasi masalah-masalah yang selama ini dihadapi oleh UMKM,” ujar Tanri.

Baca juga : Unicorn Justru Dongkrak Perekonomian Nasional

“BUMR akan membuat usaha-usaha kecil dan mikro, mengorganisasikan diri mereka secara sistematis dengan menggabungkan koperasi-koperasi mereka serta berkolaborasi dengan BUMN sebagai pelaku ekonomi,” tambah Tanri.

Unit Manager Commrel & CSR Marketing Operation Region (MOR) VII Sulawesi Hatim Ilwan mengatakan, Pertamina sebagai BUMn sangat mendukung dalam hal memajukan UMKM. Khususnya yang ada di Sulawesi. “Melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Pertamina MOR VII tercatat telah menyalurkan dana Program Kemitraan sebesar Rp 11,7 miliar pada tahun 2018, kepada lebih dari 195 UMKM di Sulawesi,” jelas Hatim.

Baca juga : Warganet Dongkol

Salah satu mahasiswa Rahma mengungkapkan, bersyukur mengikuti kuliah umum kali ini. “Pengalaman Pak Tanri mengajarkan kita bagaimana integritas dan ilmu pengetahuan dapat berkontribusi dalam memajukan perekonomian bangsa.” katanya.

Dalam kesempatan itu, Tanri juga meluncurkan sebuah buku berjudul Pelajaran Bagi Bangsa, 50 Tahun Kinerja Profesional Tanri Abeng. Buku ini ditulis oleh peneliti Fachry Ali dan banyak mengulas tentang bagaimana perjalanan karier dan pengalaman seorang Begawan Manajemen Indonesia asal Selayar ini. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.