Dark/Light Mode

DPD Kepulauan Bangka Belitung

Kursi Juara Bertahan Digoyang Istri Eks Gubernur Dan Eks Bupati

Sabtu, 2 Maret 2019 13:16 WIB
Ahmad Hudarni Rani (kiri) dari DPD Pertahana, Noorhari Astuti (tengah) caleg dari DPD dan Darmansyah Husein (kanan) dari DPD.
Ahmad Hudarni Rani (kiri) dari DPD Pertahana, Noorhari Astuti (tengah) caleg dari DPD dan Darmansyah Husein (kanan) dari DPD.

RM.id  Rakyat Merdeka - Perebutan kursi Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di Provinis Kepulauan Bangka Belitung (Babel) masih dikuasai tiga petahana. Tapi, kursi juara bertahan belum aman.

Pasalnya, mereka ditantang istri mantan Gubernur Babel, eks Bupati hingga pensiunan Polri. Data Komisi Pemilihan Umum (KPU), menyebutkan, ada 15 calon senator di Provinsi Kepulauan Babel. Mereka akan memperebutkan 4 kursi DPD. Seperti daerah lain, petahana masih jadi andalan.

Baca juga : Calonnya Sedikit, 1 Kursi Diperebutkan Eks Wagub & Eks Bupati

Di Provinsi Babel, tiga petahana maju lagi. Adalah Ahmad Hudarni Rani, Herry Erfian dan Bahar Buasan (Bong Tjhai Bun). Satu petahana, Tellie Gozelie tak nyalon.

Petahana Ahmad Hudarni Rani memiliki segudang pengalaman. Diketahui, Hudarni Rani adalah Gubernur Kepulauan Babel periode 2002-2007. Sebelumnya, Hudarni adalah Guru SDN IV Sungailiat pada 1967 hingga 1968, sebelum pada akhirnya bekerja di PT Timah mulai dari karyawan biasa hingga jadi Staf Direksi tahun 1993.

Baca juga : Dikuasai Wanita, Istri Eks Ketua DPR Dilawan Ponakan Wagub

Hudarni Rani lolos ke Senayan sebagai anggota DPD mewakili Provinsi Babel periode 2014-2019 dengan perolehan 85.877 suara.

Petahana Herry Erfian juga kembali maju. Pada Pemilu 2014, Hery mengantongi 63.318 suara untuk duduk di kursi DPD. Sebelum jadi senator, Herry salah satu staf ahli anggota DPD asal Kepulauan Babel.

Baca juga : Tommy Bisa Rebut Kursi, 10 Juara Bertahan Pasang Kuda-kuda

Petahana lainnya, Bahar Buasan alias Bong Tjhai Bun. Presiden Direktur PT Harlie Travelindo ini pada Pemilu 2014 mampu meraup 21.700 suara.

Beberapa organisasi digeluti Bahar. Diantaranya, anggota Bulu Perindu (Kumpulan Orangorang Bangka di Bandung), anggota Ikatan Masyarakat Bangka Belitung (IMA Babel), anggota Felia Golf Club, Anggota Lions Club Sangkuriang dan Ketua Umum Asosiasi Manajemen Indonesia Bandung.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.