Dark/Light Mode

500 Gardu Listrik Terdampak Banjir

PLN Klaim 88 Persen Sudah Menyala Lagi

Minggu, 21 Februari 2021 20:13 WIB
Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN menginformasikan, dari 500 gardu listrik terdampak banjir di DKI Jakarta dan sekitarnya, sebanyak 438 gardu sudah menyala kembali per pukul 14.00 WIB, Minggu (21/1). Seperti diketahui, sejak Sabtu (20/2), air menggenangi wilayah Ibu kota dan Bodetabek.

"Sebanyak 438 gardu atau 88% gardu terdampak banjir sudah menyala kembali. 62 gardu lainnya masih padam," ungkap Humas PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) Dita Artsana dalam laporannya, Minggu (21/2).

Baca juga : Atasi Kelistrikan Wilayah Terdampak Banjir Jakarta-Jabar, PLN Terjunkan 6.170 Personil

Dita menyebut, sampai siang tadi sebanyak 146.310 pelanggan PLN di Jakarta dan sekitarnya terdampak akibat banjir. Rinciannya adalah, 131.769 pelanggan mengaku aliran listriknya sudah menyala dan 14.541 pelanggan listriknya masih padam. "Total ada 4.769.726 pelanggan PLN UID Jaya (Unit Induk Distribusi Jakarta Raya) yang tercatat. Di mana hanya 3,07% yang terdampak gangguan listrik," jelasnya.

Banjir yang melanda sejumlah wilayah Jakarta sejak Sabtu (20/2) pagi, mulai surut pada Minggu (21/2). Berdasarkan akun twitter @TMCPoldaMetro, sejumlah jalan sudah bisa dilalui kendaraan. Seperti di Jalan Raya Tendean, Jakarta Selatan pada pukul 10:13 WIB yang sebelumnya terendam banjir mulai surut. Polisi bersama petugas kebersihan membersihkan lumpur dan kerikil sisa banjir.

Baca juga : 200 RT Terdampak Banjir, Anies Prioritaskan Keselamatan Warga

Selain di Jakarta, PLN juga memberitahukan, secara keseluruhan aliran listrik di Jawa Barat pada (21/2) pukul 13.00 WIB, terdapat 2.119 unit gardu distribusi yang terdampak banjir. Sementara sebanyak 1.369 gardu distribusi dan 333.505 pelanggan telah berhasil dinyalakan kembali oleh PLN. 

Direktur Bisnis Regional Jawa, Madura & Bali PLN, Haryanto WS menuturkan, di Karawang, Bekasi, banjir juga melanda beberapa daerah yang disebabkan debit air dari Sungai Citarum yang meluap. "PLN terus sigap dan siaga memantau kondisi wilayah yang terdampak banjir. Namun, ada beberapa daerah belum dapat dialiri listrik karena banjir masih tinggi," urainya. [EFI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :