Dark/Light Mode

Gandeng Lembaga Riset Shafiec, BSI Capai Target Top Bank Syariah Global

Senin, 15 Maret 2021 18:25 WIB
Ilustrasi Bank Syariah Indonesia. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Bank Syariah Indonesia. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Untuk menjadi pusat ekonomi syariah di dunia, kata Ma'ruf, Indonesia harus meningkatkan pengembangan produk halal, ekonomi syariah, dana sosial syariah dan pengembangan perbankan syariah.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani berharap, adanya Shafiec bisa berkontribusi dalam pengembangan SDM dan kebijakan di bidang ekonomi yang memahami dinamika global dan perubahan teknologi dengan tetap mengacu pada nilai islami di antaranya adalah keadilan, kejujuran, integritas, profesionalisme, tata kelola keislaman yang akuntabel dan dapat dipercaya.

Baca juga : Gandeng Lembaga Riset dan Perguruan Tinggi, BSI Kembangkan Ekonomi Syariah

Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo juga berharap, lahirnya Shafiec dapat mengisi dan memperkuat fondasi pengembangan ekonomi syariah. Sehingga bisa mewujudkan keinginan Indonesia sebagai episentrum keuangan syariah.

"Indonesia sebagai negara muslim terbesar sudah seharusnya memiliki layanan keuangan syariah yang kuat dan mumpuni. Jumlah penduduk muslim yang besar bisa menjadi pilar dan energi pengembangan ekonomi syariah nasional," katanya.

Baca juga : Gandeng PLN, Jasa Marga Kelola SPKLU Di Ruas Tol Trans Jawa

Berdasarkan The State of The Global Islamic Economy Report (SGIE Report) 2020/2021, Indonesia berada di posisi keempat, naik kelas dari peringkat kelima tahun 2019 dan dari peringkat 10 tahun sebelumnya.

Peningkatan ini didorong oleh lima indikator diantaranya, islamic finance, halal food, muslim friendly travel, modest fashion, media and recreation, serta cosmetic and formation. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.