Dark/Light Mode

Menteri Teten: MBloc Market Jadi Ajang Pamer Produk UMKM Lokal Berkualitas

Sabtu, 20 Maret 2021 12:12 WIB
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki di acara pembukaan MBloc Market, Sabtu (20/3). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki di acara pembukaan MBloc Market, Sabtu (20/3). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dibukanya MBloc Market diharapkan menjadi salah satu milestone penting menuju kedigdayaan brand lokal serta kejayaan UMKM Indonesia.

Selain itu keberadaannya juga diharapkan semakin memunculkan sosok-sosok Local Heroes UMKM. Yakni entitas usaha yang menjadi inspirasi, mampu memberdayakan, memiliki brand kuat, serta mengambil peran sebagai aggregator dan offtaker dalam proses juga mekanisme bisnisnya.

"Local Heroes inilah yang kemudian menjadi lokomotif-lokomotif yang membawa gerbong-gerbong UKM dalam ekosistem usahanya, agar bisa naik kelas dan masuk ke sektor formal," ucap Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki dalam keterangan resminya, Sabtu (20/3).

Baca juga : Menteri Teten Pastikan Program PEN KUMKM 2021 Tetap Lanjut

Teten juga mengajak seluruh pihak, untuk berkolaborasi dan bersinergi dalam upaya bersama memulihkan, membangkitkan, dan mengembangkan UMKM Indonesia. Agar nantinya bermunculan banyak wirausaha muda produktif yang konsisten meningkatkan nilai tambah serta berinovasi tanpa henti untuk berjaya di pasar lokal dan digdaya di pasar global (ekspor).

"Saya kira tempat seperti M Bloc Market ini bisa jadi showcase produk produk UMKM yang berkualitas karena ini dikurasi dengan ketat. Ini bagus untuk membranding agar brand lokal sejajar dengan brand besar," ujarnya.

Saat ini sambung Teten, tren pasar semakin dinamis bergerak, di mana  pendekatan industrialisasi dan manufaktur besar bukan lagi jadi daya tarik utama, melainkan narasi sustainability, originalitas, dan pemberdayaan bersama.

Baca juga : Teten Percepat Penyerapan Produk UMKM Oleh Perusahaan Pelat Merah

Menariknya UMKM artisan lokal mampu mengeksplorasi banyak ranah-ranah tersebut. Nilai tradisional, budaya kustom, hingga sentuhan teknologi modern adalah formula wajib bagi suksesnya kebangkitan UMKM Indonesia bahkan di mata dunia.

Teten menilai, MBloc Market telah mengadopsi 3 semangat yang menjadi panduan kuratorial sekaligus jiwa dari MBloc Market. Pertama Wellness, tentang aspek dampak baiknya bagi user atau konsumen dari produk tersebut.

Kedua Traceability, baik penggunaan bahan baku terbaik yang tetap mengusung nilai keberlanjutan. Ketiga Locality, unsur kelokalan yang mutlak harus menjadi narasi utama produk.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.