Dark/Light Mode

Hubungan Dagang Indonesia-Jepang

Menteri Teten : Genjot Produk UMKM Unggulan Ke Jepang

Sabtu, 23 Januari 2021 16:57 WIB
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. (Foto: Kemenkop UKM)
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. (Foto: Kemenkop UKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jepang menjadi mitra penting dalam perdagangan internasional dengan Indonesia. Hubungan diplomatik sudah terjalin sejak penghujung era 1950-an. Indonesia selalu mengalami surplus dalam perdagangan dengan Jepang.

Jepang adalah negara kedua mitra dagang terbesar Indonedia setelah China dengan pangsa pasar ekspor dari Indonesia sekitar 10 persen.

Berita Terkait : Menteri Teten Dan Menteri Sandi Uno Duet Dongkrak Potensi UMKM Di 5 Destinasi Super Prioritas

Dalam kondisi penurunan potensi ekspor saat ini, khususnya akibat adanya pandemi, diperlukan terobosan-terobosan agar ekspor produk-produk Indonesia tidak hanya dipertahankan, namun bisa terus ditingkatkan.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan, dari data Atase Perdagangan Indonesia di Tokyo 2020, potensi ekspor produk Indonesia ke Jepang selama ini berupa produk pangan olahan, hortikultura/pertanian, spare part otomotif, furnitur, dan energi terbarukan.

Berita Terkait : Menteri Teten Rampingkan Jabatan Pejabat Eselon I Kemenkop UKM

“Peluang inilah ingin kita ambil agar dimanfaatkan para pelaku UMKM di Tanah Air,” ujarnya dalam keterangan resminya, saat mengikuti webinar Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo dan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Jepang, Sabtu (23/1).

Ia mengaku optimistis, forum webinar yang diselenggarakan KBRI dan PPI Jepang dapat dimanfaatkan para pelaku UMKM di Indonesia untuk belajar hingga meningkatkan daya saing produknya, sehingga dapat segera masuk ke pasar Jepang maupun negara lainnya.
 Selanjutnya