Dark/Light Mode

Horee, Bulan Depan Fortuner Cs Juga Dapat Diskon Pajak

Selasa, 23 Maret 2021 20:52 WIB
Toyota Fortuner. (Foto: ist)
Toyota Fortuner. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akhirnya membocorkan kapan mobil 2.500 cc akan dapat diskon Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM).

Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan, diskon PPnBM untuk mobil Toyota Fortuner Cs akan mulai berlaku bulan depan. Saat ini, Kemenkeu tengah menyiapkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) terkait hal tersebut.

Baca juga : Hore, Lansia Ber-KTP Non DKI Jakarta Kini Bisa Divaksin Di Istora

"Untuk PPnBM 2.500 cc sedang proses finalisasi PMK-nya, yang nanti bisa mulai berlaku mulai April, terutama yang di atas 1.500 cc hingga 2.500 cc, nanti akan diumumkan begitu selesai PMK-nya," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN, Selasa (23/3).

Sebelumnya, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, pemerintah  tengah mengkaji perluasan diskon PPnBM ditanggung pemerintah untuk mobil bermesin 2.500 cc

Baca juga : Hari Ini, PM Jepang Yoshihide Suga Disuntik Vaksin Pfizer

Hal ini menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi. Ia mengatakan, sesuai arahan kepala negara diskon PPnBM hingga 100 persen bisa diberikan untuk mobil baru dengan kapasitas di atas 1.500 cc, yaitu mobil dengan kapasitas hingga 2.500 cc.

“Perluasan ini diperlukan karena ada jenis kendaraan yang kapasitas silindernya di atas 1.500 cc dan memiliki local purchase (pembelian lokal) tinggi di atas 50-60 persen yang belum menikmati kebijakan relaksasi ini,” ujar Agus.

Baca juga : Pemerintah Kaji Mobil 1.500 Cc Ke Atas Dapat Diskon Pajak

Bagaimana tanggapan produsen? Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Henry Tanoto mengatakan, relaksasi pajak untuk mobil bermesin di atas 1.500 cc hingga 2.500 cc dapat mendongkrak pertumbuhan penjualan mobil yang lebih luas. 

Menurut Henry, selama tiga pekan diberlakukannya aturan relaksasi PPnBM nol persen, penjualan mobil Toyota yang mendapatkan relaksasi pajak naik sekitar 130 persen dibanding tiga pekan pertama Februari. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.