Dark/Light Mode

Mulai Hari Ini, Hasil Negatif GeNose Hanya Berlaku 1x24 Jam

Kamis, 1 April 2021 07:59 WIB
Calon penumpang KA Jarak Jauh mengantre untuk menjalani tes GeNose di stasiun. (Foto: Humas KAI)
Calon penumpang KA Jarak Jauh mengantre untuk menjalani tes GeNose di stasiun. (Foto: Humas KAI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelanggan KA Jarak Jauh yang menggunakan hasil pemeriksaan GeNose C19 sebagai syarat perjalanan, wajib menunjukkan hasil negatif pemeriksaan GeNose C19, yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum jadwal keberangkatan KA.

Aturan tersebut berlaku mulai 1 April 2021.

Sedangkan untuk hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen, pengambilan sampelnya tetap maksimal 3 x 24 jam sebelum jadwal keberangkatan KA.

Baca juga : Pemeran Video 14 Detik

Perubahan aturan tersebut menyesuaikan dengan terbitnya Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 No 12 Tahun 2021 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan No 27 Tahun 2021.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, saat ini KAI telah menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 seharga Rp 30 ribu di 44 stasiun.

Yaitu Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya, Banjar, Cirebon, Cirebon Prujakan, Jatibarang, Semarang Tawang, Semarang Poncol, Tegal, Pekalongan, Cepu, Purwokerto, Kutoarjo, Kroya, dan Kebumen.

Baca juga : Meski Naik, Tarif Tes Covid-19 Pakai GeNose Tetap Termurah

Selain itu, juga ada di Gombong, Sidareja, Yogyakarta, Solo Balapan, Lempuyangan, Purwosari, Klaten, Wates, Madiun, Jombang, Blitar, Kediri, Tulungagung, Kertosono, Nganjuk, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Malang, Sidoarjo, Lamongan, Mojokerto, Jember, Ketapang, Probolinggo, dan Kalisetail.

Sebelum menjalani pemeriksaan GeNose C19, calon penumpang dilarang merokok, makan, dan minum (kecuali air putih) selama 30 menit.

Pada saat tes, calon penumpang diminta untuk meniup kantong hingga penuh. Serta mengikuti arahan dari petugas atau petunjuk yang ada di lokasi pemeriksaan.

Baca juga : Masker Dan Hand Sanitizer Ya

Di samping itu, KAI juga masih menyediakan rapid test antigen seharga Rp 105 ribu di 44 stasiun.

Ke-44 stasiun tersebut adalah Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya, Banjar, Cirebon, Cirebon Prujakan, Jatibarang, Semarang Poncol, Semarang Tawang, Tegal, Pekalongan, Cepu, Purwokerto, Kebumen, Kutoarjo, Kroya, Yogyakarta, Lempuyangan, Solo Balapan, Klaten, Madiun, Blitar, Jombang, Kediri, Kertosono, dan Tulungagung.

Selain itu, juga ada di Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Jember, Ketapang, Kertapati, Lahat, Lubuk Linggau, Muara Enim, Prabumulih, Tebing Tinggi, Tanjungkarang, Kotabumi, dan Baturaja.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.