Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Integrasi UMi, Pelaku UMKM Butuh Pembiayaan Mudah Dan Murah

Rabu, 7 April 2021 18:59 WIB
Ilustrasi Para pelaku usaha ultra mikro (UMi). (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Para pelaku usaha ultra mikro (UMi). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Para pelaku usaha ultra mikro (UMi) berharap bisa meraih bantuan permodalan berbiaya murah dan proses pengajuan yang mudah. Salah satu yang telah disalurkan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) melalui program Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera).

Melalui Mekaar, pelaku usaha ultra mikro bisa mendapat pembiayaan dengan bunga terjangkau mulai dari nilai jutaan rupiah.

Baca juga : Pembukaan Sekolah Tidak Perlu Tunggu Juli

Sudarni (42), perempuan asal Bekasi, Jawa Barat misalnya, pemilik warung sembako sejak 2007 ini mengaku butuh banyak tambahan modal untuk mengembangkan usahanya. Kebutuhan ini pertama ia rasakan pada 2016 lalu.

Saat itu, Sudarni membutuhkan dana segar senilai Rp 2 juta untuk mempertahankan dan mengembangkan usahanya. Ibu dari dua anak ini lantas memikirkan sejumlah cara untuk memenuhi kebutuhannya. Hingga pada akhirnya, Sudarni mengenal dan mengetahui program Mekaar dari PNM.

Baca juga : Strategi Penguatan UMKM Dorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Melalui program ini, Sudarni dapat memenuhi kebutuhan modalnya dengan biaya terjangkau. “Jadi waktu itu ada tawaran dari PNM, dan saya juga menawarkan diri untuk ikut. Akhirnya saya gabung program Mekaar dan jadi Ketua Kelompok Mekaar di tempat tinggal saya di Bekasi. Sekarang anggota Kelompok Mekaar saya ada 26 orang,” ujar Sudarni dalam keterangan, Rabu (7/4).

Bukan tanpa alasan Sudarni memilih pemenuhan kebutuhannya melalui program PNM Mekaar. Dia menilai program Mekaar sebagai solusi karena pembiayaan yang ditawarkan PNM tersebut memiliki tingkat bunga yang kecil.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.