Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bangun Data Center, Internet Telkom Di Banjarmasin Makin Ngebut

Kamis, 8 April 2021 23:14 WIB
Peresmina data center neuCentrIX yang kedua di Kalimantan atau yang ke 18 di Indonesia. (Foto: ist)
Peresmina data center neuCentrIX yang kedua di Kalimantan atau yang ke 18 di Indonesia. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Telkom Group meresmikan data center NeuCentrIX (Neutral Cloud dan Internet Exchange), yang kedua di Kalimantan, atau yang ke-18 di Indonesia.

Data center ini berlokasi di Ulin, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang disebut sebagai NeuCentrIX Ulin.

 Data center ini diresmikan oleh Direktur Wholesale dan International Service Telkom, Dian Rachmawan didampingi oleh Executive Vice President Telkom Regional VI Kalimantan, Rijanto Utomo serta para pelaku Internet Service Provider (ISP) dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, Kamis (8/4).

“NeuCentrIX merupakan inisiatif Telkom Group dalam melayani market wholesale industri telekomunikasi dan ekosistem digital melalui penyediaan layanan data center,” ungkap Dian Rachmawan. 

Baca juga : Bantu Korban Bencana Di NTT, Baznas Bikin Tim Terpadu

Dia mengatakan, dengan keunggulan coverage terluas dan memiliki akses eyeball terbesar di Indonesia, neuCentrIX Ulin mampu memenuhi kebutuhan internet berkecepatan tinggi. “NeuCentrIX Ulin mampu memberikan akses produk digital yang akan mendukung perkembangan bisnis ke depannya,” jelasnya.

NeuCentrIX Ulin yang terletak di Jalan Ahmad Yani Banjarmasin ini merupakan data center yang berkapasitas 29 rack dan terstandarisasi tier-2. Selain itu, NeuCentrIX Ulin juga menyediakan service level assurance yang dijaminkan memiliki downtime kurang dari 22 jam dalam satu tahun (99,741 persen guaranteed availability). 

Saat ini, neuCentrIX Ulin memiliki ISO 27001 ISMS (Information Security Management System) Certification sebagai jaminan untuk keamanan data bisnis. Sertifikasi ini berstandar internasional dalam mengelola risiko keamanan informasi dengan menjaga kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan informasi.

“NeuCentrIX Ulin juga bersifat carrier neutral data center, di mana para pengguna memungkinkan untuk terhubung ke berbagai internet service provider dan content provider sehingga memberikan fleksibilitas bagi pelaku usaha dalam mendesain jaringannya” tuturnya.

Baca juga : Ekonomi Bangkit, Lain Di Kata, Lain Di Fakta

Dengan adanya data center neuCentrIX ini diharapkan dapat mengakomodasi kebutuhan produk kolokasi, connectivity, cloud, dan produk digital untuk pemerintahan, Internet Service Provider (ISP), dan para start-up. 

Dia berharap neuCentrIX Ulin menjadi meeting point bagi para pelaku digital di Kalimantan sehingga mewujudkan Indonesia sebagai Global Digital Hub.

Sebagai informasi, Telkom telah membangun neuCentrIX di 13 kota tersebar di Indonesia yaitu Medan, Batam, Pekanbaru, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, Manado, Balikpapan, dan Banjarmasin. 

Kehadiran neuCentriIX dalam rangka mewujudkan misi untuk mempercepat pembangunan infrastruktur dan platform digital cerdas yang berkelanjutan, ekonomis, dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat.

Baca juga : Didukung Para Menteri, Amel Janji Kolaborasikan Senior & Junior di ITB

Serta untuk mengorkestrasi ekosistem digital demi memberikan pengalaman digital terbaik pada pelanggan. Hal ini juga merupakan wujud komitmen dan strategi Telkom sebagai Global Digital Hub. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.