Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lakukan Transformasi Bisnis

Pupuk Indonesia Borong Penghargaan Anugerah BUMN

Jumat, 9 April 2021 13:29 WIB
Direktur Utama Pupuk Indonesia, Bakir Pasaman (tengah). (Foto: ist)
Direktur Utama Pupuk Indonesia, Bakir Pasaman (tengah). (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Berkat Transformasi bisnis yang dijalankan, PT Pupuk Indonesia menerima empat penghargaan sekaligus di ajang Anugerah BUMN 2021. Yakni kategori Transformasi Bisnis dan Organisasi Terbaik I, The Best Corporate, The Best CEO dan CEO Strategic Orientation Terbaik.

Direktur Utama Pupuk Indonesia, Bakir Pasaman mengatakan, penghargaan yang diperoleh perseroan ini akan meningkatkan semangat untuk menyukseskan program transformasi bisnis ini. "Sehingga menjadikan Pupuk Indonesia sebagai perusahaan nasional berkelas dunia untuk nutrisi tanaman dan solusi pertanian yang berkelanjutan,” ujarnya, di Jakarta, Jumat (9/4).

Menurutnya, transformasi bisnis bagi Pupuk Indonesia grup saat ini adalah keniscayaan. Mengingat, persaingan bisnis yang dihadapi semakin kompetitif dan menantang.

Menurutnya, tantangan bisnis yang dimaksud yakni adanya rencana perubahan pola subsidi pupuk, pangsa pasar produk komersial atau non-subsidi yang masih belum optimal, kondisi perusahaan yang masih berorientasi pada produk (production centric), usia sebagian pabrik yang sudah tua, dan berbagai tantangan strategis lainnya.

Baca juga : Pelayanannya Unggul Selama Covid-19, AP I Raih Penghargaan Anugerah BUMN 2021

“Untuk menghadapi tantangan strategis tersebut, kami menjalankan dan mengakselerasikan program transformasi bisnis,” katanya. 

Ia menjelaskan, terkait rencana perubahan pola subsidi pupuk, pihaknya bersama pemerintah saat ini sedang merumuskan pola yang lebih baik untuk menyalurkan pupuk subsidi agar lebih tepat sasaran. 

“Kami juga sedang meningkatkan penjualan dan pengenalan produk komersial, mengubah mindset dari production centric menjadi customer centric, serta melakukan revamping atau mendirikan pabrik baru,” jelas Bakir.

Sementara itu, program transformasi bisnis perseroan terdiri dari tiga bidang transformasi, yaitu transformasi organisasi dan model bisnis, transformasi digital, dan transformasi budaya.

Baca juga : Agro Solution Pupuk Indonesia Diganjar Penghargaan Inovasi Terbaik

Di mana untuk transformasi organisasi, pihaknya menjalankan program sentralisasi fungsi holding. Sedangkan transformasi model bisnis, pihaknya menjalankan retail management serta menginisiasi program Agro Solution. 

“Sentralisasi holding ini kami berlakukan pada fungsi strategis, seperti Teknologi Informasi, sumber daya manusia, rantai pasok, riset dan pengembangan, keuangan, serta penjualan dan pemasaran,” katanya. 

Terkait retail management, lanjut Bakir, adalah upaya perseroan untuk memiliki kemampuan lebih baik dalam mengubah mindset dan berorientasi pada pasar (customer centric).

Tidak hanya itu, untuk sasaran transformasi digital, Pupuk Indonesia akan menjalankan program Retail Management System (RMS) yang menjadi ujung tombak bagi pemasaran produk komersial. 

Baca juga : Larissa Saad, Bisnis Pakaian Dan Perabotan Rumah

Selanjutnya, Distribution Planning and Control System (DPCS) untuk memantau distribusi dan posisi stok secara realtime, serta mendirikan Supply Chain Command Center.

Terakhir, Pupuk Indonesia melakukan transformasi di bidang budaya, yaitu dengan mengimplementasikan core value atau tata nilai AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif) dengan fokus yang menyiapkan segenap insan Pupuk Indonesia menjadi motor transformasi perusahaan secara berkelanjutan. 

"Transformasi bisnis yang sedang kami lakukan ini menyentuh semua lini dan sangat komprehensif, sehingga akan membawa perusahaan menjadi berdaya saing tinggi," tutupnya. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.