Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pelayanannya Unggul Selama Covid-19, AP I Raih Penghargaan Anugerah BUMN 2021

Jumat, 9 April 2021 07:20 WIB
Direktur Pengembangan Usaha PT Angkasa Pura I (Persero) Dendi T. Danianto menerima piala penghargaan dalam ajang penghargaan Anugerah BUMN 2021 ke-10 di di Hotel The Ritz-Carlton, kawasan Mega Kuningan Jakarta, Kamis (8/4). (Dok. Angkasa Pura I)
Direktur Pengembangan Usaha PT Angkasa Pura I (Persero) Dendi T. Danianto menerima piala penghargaan dalam ajang penghargaan Anugerah BUMN 2021 ke-10 di di Hotel The Ritz-Carlton, kawasan Mega Kuningan Jakarta, Kamis (8/4). (Dok. Angkasa Pura I)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura I (Persero) meraih penghargaan Special Recognition kategori Services and Operational Excellence in the Time of Covid-19 Pandemic dalam ajang penghargaan Anugerah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) 2021 ke-10.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Majalah BUMN Track serta didukung oleh PPM Manajemen. Malam penganugerahan diselenggarakan di Hotel The Ritz-Carlton, kawasan Mega Kuningan Jakarta, pada Kamis (8/4) malam. 

Piala penghargaan diterima oleh Direktur Pengembangan Usaha PT Angkasa Pura I (Persero) Dendi T. Danianto. Melalui penghargaan ini, Angkasa Pura I dinilai mampu memberikan pelayanan unggul secara konsisten kepada pengguna jasa di masa pandemi.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengungkapkan, penghargaan ini merupakan wujud apresiasi atas komitmen dan kinerja perusahaan yang dinilai mampu secara konsisten dan terus menerus memberikan pelayanan terbaik dan unggul kepada seluruh pengguna jasa bandara pada kondisi pandemi Covid-19 ini.

"Pada masa pandemi ini, hampir seluruh perusahaan, termasuk perusahaan BUMN dituntut untuk dapat menyesuaikan diri dengan kondisi pandemi,” tutur Faik Fahmi dalam pernyataan resminya, Jumat (9/4/2021).

Baca juga : Peluangnya Menjanjikan, HIPMI Jembatani Pengusaha Jadi Juragan SPBU BP

"Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa kebandarudaraan, kami banyak melakukan transformasi dan inovasi dalam layanan, dengan menyesuaikan pelayanan dengan standar protokol kesehatan yang berlaku, dengan tanpa mengurangi kualitas layanan kepada pengguna jasa," tambahnya.

Pada pelaksanaannya yang ke-10 ini, Anugerah BUMN mengusung tema "Strategi dan Transformasi di Masa Pandemi". Dalam pelaksanaan di tahun 2021 ini, sebanyak 230 perusahaan BUMN dan Anak Perusahaan BUMN mengikuti tahap sosialisasi, terbanyak selama 10 tahun pelaksanaan.

Sebanyak 122 perusahaan mengikuti seleksi tahap awal penjaringan, hingga kemudian tersaring sebanyak 89 perusahaan yang lolos seleksi penjurian tahap kedua.

Dalam tahap ketiga, sebanyak 35 CEO dari perusahaan peserta mengikuti penjurian tahap akhir berupa wawancara yang dilakukan secara virtual.

Dalam sambutannya saat membuka acara, CEO BUMN Track SH Sutarto menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan apresiasi untuk kontribusi positif perusahaan BUMN dalam masa pandemi.

Baca juga : Mantap, KAI Sabet 8 Penghargaan IGA 2021

"Peran BUMN sebagai korporasi yang menyokong negara, juga berkontribusi yang sangat besar dalam pandemi Covid-19 ini. Sebagaimana perannya memberikan dividen kepada negara, BUMN juga berperan sebagai wakil Pemerintah untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional," ujarnya saat membuka acara.

BUMN Track mengapresiasi kinerja BUMN melalui fakta dan data melalui proses penjurian selama 1 bulan lebih ini. "Semoga objektivitas dan kualitas penghargaan ini menjadi referensi bagi semua stakeholder, khususnya pemerintah," imbuh SH Sutarto.

Selama proses penilaian, panelis dewan juri berfokus pada strategi dan kinerja perusahaan dalam kondisi pandemi, upaya transformasi bisnis dan organisasi, Good Corporate Governance, serta internalisasi nilai AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) ke dalam organisasi perusahaan.

Mewakili Manajemen dan seluruh Insan Angkasa Pura I, Faik Fahmi merasa bangga telah menerima penghargaan yang merupakan pengakuan terhadap upaya Angkasa Pura I dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa bandara.

"Penghargaan ini akan kami jadikan sebagai motivasi dan cambuk untuk dapat selalu hadir dalam menjawab tantangan zaman, untuk terus menerus meningkatkan standar kualitas layanan kepada pengguna jasa, serta untuk selalu hadir untuk negeri," pungkas Faik.

Baca juga : Ikut Tanggulangi Covid-19, Politisi PDIP DKI Gelar Sosialisasi Perda 2/2020

Pada masa pandemi global Covid-19, industri penerbangan dituntut untuk beradaptasi terhadap situasi secara cepat.

Untuk menyesuaikan diri dengan kondisi ini, Angkasa Pura I melakukan berbagai inovasi layanan untuk menyesuaikan dengan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Virus Corona di area bandara.

Inovasi layanan seperti penerapan teknologi yang bersifat meminimalisir sentuhan (touchless) dan kontak fisik antar manusia, seperti online customer service, serta boarding pass scanner yang berfungsi untuk memindai boarding pass calon penumpang tanpa harus melakukan sentuhan fisik dengan petugas diimplementasikan di bandara kelolaan.

Selain itu, penerapan standar pelayanan yang selaras dengan implementasi protokol kesehatan juga secara ketat diberlakukan di seluruh bandara kelolaan Angkasa Pura I.

Di antaranya adalah, melalui penerapan physical distancing di seluruh area bandara, disinfeksi pada fasilitas dan infrastruktur terminal bandara yang sering disentuh oleh pengguna jasa bandara, serta penggunaan alat pelindung diri (APD) bagi seluruh personel garis depan bandara yang berhubungan erat dengan pelayanan penumpang. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.