Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ini Cara Wanita Mandiri Secara Finansial

Jumat, 9 April 2021 22:37 WIB
Webinar Womanpreneur: Women Empowerment Melalui Kemandirian Finansial yang digelar AsetKu. (Foto: Istimewa)
Webinar Womanpreneur: Women Empowerment Melalui Kemandirian Finansial yang digelar AsetKu. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Salah satu platform Peer to Peer Lending (P2PL) di Indonesia, AsetKu, menggelar Story Competition di Instagram. Memanfaatkan momentum Hari Wanita Nasional, AsetKu mencoba menginspirasi dan mengedukasi wanita-wanita di Indonesia agar dapat mandiri secara finansial, sekaligus membangun kesadaran tentang kesetaraan gender, sehingga perempuan dapat mengembangkan potensi diri dan menjadi mandiri. 

“Lewat serangkaian acara yang sudah dijalankan, kami berharap para wanita di seluruh Indonesia dapat lebih termotivasi untuk maju dan berjuang agar memiliki kekuatan finansial dan mengatur keuangan secara tepat sehingga tercapai kemandirian finansial,” kata Direktur AsetKu Andrisyah Tauladan, dalam keterangan yang diterima redaksi, Jumat (9/4).

Dengan tagar #WanitaJugaBisa dan #InspirasiKuatFinansial, Story Competition mendapat respons sangat besar dari warganet. Story Competition, yang menyediakan hadiah jutaan rupiah ini, diikuti 170 peserta. Mereka menceritakan kisah-kisah inspiratif, baik pengalaman sendiri maupun orang-orang di sekitar mereka yang sedang berjuang atau sudah mencapai kemandirian finansial. 

Baca juga : Minta Maaf Gelagapan

"Dengan diadakannya kompetisi ini, diharapkan kisah-kisah yang disampaikan bisa menginspirasi wanita-wanita lainnya," tambah Andrisyah. 

Selain Story Competition, AsetKu kemudian menghelat webinar yang bertemakan "Womanpreneur: Women Empowerment Melalui Kemandirian Finansial". Menampilkan Founder dari Bittersweet by Najla, Najla Bisyir, dan Certified Financial Planner, Annisa Steviani, webinar ini diikuti lebih dari 150 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. 

Najla Bisyir, sebagai seorang womanpreneur, menceritakan bagaimana dia membangun bisnis dari nol sampai bisa berkembang seperti saat ini. Bagaimana sebagai seorang wanita yang sudah menikah melawan diri sendiri dan juga meyakinkan keluarga bahwa bisnis merupakan sebuah peluang yang bisa dikembangkan. 

Baca juga : Ini Alasan MA Bebaskan Advokat Lucas

“Perempuan itu unik. Setiap perempuan pasti punya potensi yang berbeda-beda. Kita harus sadar akan potensi tersebut dan menggembangkannya. Jangan mau dilemahkan oleh diri kita sendiri” ujar Najla. Najla memberikan tips-tips memulai bisnis dan cara bagaimana bisnis tersebut bisa berkembang dan sustainable. 

Sementara, Annisa Steviani, seorang certified financial planner, membagikan tips and trick bagaimana mengatur keuangan agar bisa mencapai kemandirian finansial. Mulai dari siklus hidup dan keuangan, bad habit yang suka dilakukan, financial journey dan juga memperkenalkan jenis-jenis investasi dan profil risiko. "Investasi harus sesuai dengan profil risiko masing masing, seberapa besar kalian bisa menerima risiko, harus sesuai dengan tujuan kita," kata Annisa. 

Annisa juga menekankan bahwa untuk bisa merencanakan keuangan dengan baik, wanita harus tahu betul tentang penghasilan, pengeluaran, dan keperluan. Yang terpenting ialah kontrol diri dalam mengelola keuangan. “Kita harus bisa mengontrol emosi kita terlebih dahulu, baru kita bisa mengontrol uang kita” pungkas Annisa. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.