Dark/Light Mode

BI Ramal Kredit Baru Bakal Melonjak Di Triwulan II

Rabu, 21 April 2021 11:05 WIB
Gedung Bank Indonesia. (Foto: ist)
Gedung Bank Indonesia. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Survei perbankan Bank Indonesia (BI) mengindikasi, penyaluran kredit baru akan meningkat pada triwulan II-2021. 

Hal ini terlihat dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) penyaluran kredit baru sebesar 93,3 persen meningkat dari 30,4 persen pada triwulan I-2021. Peningkatan tersebut akan didorong oleh kredit konsumsi, diikuti oleh kredit modal kerja, dan kredit investasi.

Baca juga : Sambut Ramadan, KAI Hadirkan Ornamen Di Kereta Api Dan Stasiun

“Standar penyaluran kredit pada triwulan II-2021 diprakirakan tidak seketat periode sebelumnya,” sebut BI dalam keterangannya, Rabu (21/4). 

Hal itu terindikasi dari Indeks Lending Standard (ILS) sebesar 2,8 persen sedikit lebih rendah dibandingkan dengan 4 persen pada triwulan sebelumnya. Aspek kebijakan penyaluran yang diprakirakan tidak seketat triwulan sebelumnya antara lain premi kredit berisiko, agunan, dan persyaratan administrasi.

Baca juga : Panglima Keluarkan ST, Prajurit TNI Yang Nekat Mudik Bakal Kena Sanksi Disiplin Militer

Hasil survei mengindikasikan responden tetap optimis terhadap pertumbuhan kredit untuk keseluruhan tahun 2021. Responden memprakirakan pertumbuhan kredit pada 2021 sebesar 6 persen yoy. 

Optimisme tersebut antara lain didorong oleh kondisi moneter dan ekonomi, serta relatif terjaganya risiko penyaluran kredit. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.