Dark/Light Mode

Covid-19 Dorong Perusahaan Gercep Untuk Inovatif

Minggu, 2 Mei 2021 12:52 WIB
Founder dan Presiden Komisaris Warta Ekonomi, Fadel Muhammad. (Foto: Ist)
Founder dan Presiden Komisaris Warta Ekonomi, Fadel Muhammad. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi Covid-19 mendorong terjadinya tatanan berbisnis yang baru di berbagai negara, termasuk Indonesia. Perusahaan-perusahaan di semua sektor industri bergerak cepat untuk berinovasi.

Dunia usaha berusaha keras agar bisnis yang dimiliki tetap sustainable dan resilient di tengah pandemi. McKinsey & Company mengatakan, perusahaan yang resilient akan cenderung memiliki kinerja dan performa perusahaan yang baik pada saat ini. 

Selain itu, pandemi Covid-19 juga secara tidak langsung memberikan titik awal (starting point) bagi perusahaan agar dapat menjadi perusahaan yang resilient di kemudian hari.

Hal ini disampaikan Founder dan Presiden Komisaris Warta Ekonomi, Fadel Muhammad, dalam acara pemberian penghargaan Indonesia Most Acclaimed Companies (IMACO) Awards 2021: Surviving The Inevitability, Adapting The Anomaly, Seizing The Opportunity, yang diselenggarakan oleh Warta Ekonomi, dikutip Minggu (2/5).

Baca juga : Rumah Tahanan Militer Angker Jadi Tempat Isolasi Untuk Pemudik

Fadel mengungkapkan, terkait resiliensi, mengutip dari Harvard Business Review, sedikitnya ada empat keuntungan sikap resilient bagi perusahaan.

"Pertama, perusahaan mampu mengantisipasi terjadinya suatu hal. Perusahaan mesti bergerak cepat dalam mengetahui bencana apa yang akan terjadi," ungkapnya.

Keuntungan kedua, perusahaan bisa menahan goncangan atau shock yang datang. Kemudian keuntungan ketiga, perusahaan harus bisa menjadi lebih tangguh atau lebih baik setelah ada goncangan.

Terakhir, keuntungan keempat adalah recovery speed benefit atau kecepatan dari perusahaan untuk kembali setelah terpuruk.

Baca juga : Komite Covid-19: Larangan Mudik Untuk Lindungi Kesehatan Masyarakat

"Ini empat hal yang penting. Saya menyampaikan selamat kepada perusahaan-perusahaan yang terpilih, yang berhasil melaksanakan kesehariannya dan mendapatkan penghargaan dalam kesempatan ini,” tegas Fadel.

Penghargaan IMACO Awards 2021: Surviving The Inevitability, Adapting The Anomaly, Seizing The Opportunity diberikan untuk perusahaan yang mampu mengikat hati dan sangat dibutuhkan oleh banyak masyarakat. Serta, semakin kompetitif dalam kondisi pandemi Covid-19.

Penyelenggara membentuk tim khusus peneliti dari Warta Ekonomi. Tujuannya melaksanakan penelitian untuk mengetahui perusahaan favorit masyarakat. Tim peneliti menggunakan metode survei daring kepada 5.000 responden dari seluruh Indonesia yang dilakukan dari tanggal 24 Maret-31 Maret 2021.

Adapun indikator penilaian yang digunakan adalah reputasi, manfaat produk dan atau jasa yang diberikan, serta indikator pola pikir kompetitif.

Baca juga : Indonesia Dorong Penguatan Kerja Sama Pemuda ASEAN Dan Italia

Beberapa perusahaan yang berhasil meraih penghargaan tersebut antara lain PT Bank Central Asia Tbk, PT Asuransi Astra, PT Prudential Life Assurance, PT Google Indonesia, Shopee Indonesia (Shopee), PT Pertamina (Persero), PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk dan lainya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.