Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hadapi Lebaran, BRI Siapkan Kas Rp 36,7 Triliun

Senin, 3 Mei 2021 19:56 WIB
Direktur Jaringan dan Layanan BRI, Arga M Nugraha. (Foto: ist)
Direktur Jaringan dan Layanan BRI, Arga M Nugraha. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang Idul Fitri 2021, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menyiapkan kebutuhan uang tunai hingga Rp 36,7 triliun yang dialokasikan untuk mesin ATM, Cash Recycling Machine (CRM), dan juga untuk layanan Unit Kerja Operasional (UKO). 

Langkah tersebut sebagai komitmen BRI dalam memberikan layanan perbankan yang optimal selama periode libur Lebaran. Direktur Jaringan dan Layanan BRI Arga M Nugraha menyatakan, uang kas yang disiapkan oleh BRI tahun ini meningkat sebesar 8 persen, jika dibandingkan dengan nominal realisasi tahun lalu.

Arga menegaskan, hal tersebut disebabkan karena mulai meningkatnya aktivitas ekonomi masyarakat. "Jumlah ini juga telah mempertimbangkan adanya migrasi atau bergesernya pola transaksi nasabah BRI dari sebelumnya transaksi tunai menjadi transaksi digital atau non-tunai,” ungkap Arga dalam konferensi pers persiapan Lebaran BRI secara virtual, di Jakarta, Senin (3/3).

Baca juga : Jelang Lebaran, BTN Siapkan Dana Rp 13,4 Triliun

Perseroan akan tetap beroperasi dengan memberikan layanan terbatas pada tanggal 12 dan 15 Mei 2021. “Layanan terbatas BRI akan hadir di 184 kantor, di mana masyarakat tetap dapat membuka rekening, penarikan dan penyetoran simpanan, setoran pinjaman, complain handling serta jual beli bank notes," jelasnya.

Selain itu, BRI juga tetap melayani penebusan setoran BBM/Non-BBM Pertamina di 135 kantor serta Pelayanan Pick Up Service ASDP di 37 kantor. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, BRI juga menyediakan layanan penukaran Uang Pecahan Kecil (UPK) di 20 Kantor Cabang BRI se-Jabodetabek yang telah mulai dilaksanakan pada tanggal 13 April lalu hingga menjelang libur pada tanggal 11 Mei.

Sebagai langkah antisipasi sambung Arga, BRI mengimbau nasabah untuk dapat bertransaksi secara cashless dan melakukan berbagai macam transaksi perbankan secara digital. Selain dapat menggunakan Internet Banking BRI, salah satu layanan digital banking BRI yang dapat digunakan adalah aplikasi BRImo. 

Baca juga : Tercatat Di BEI, Bank Mantap Terbitkan Obligasi Rp 2 Triliun

“Dengan menggunakan BRImo, masyarakat akan lebih mudah melakukan transaksi karena dapat dilakukan dari manapun dan kapan pun," katanya.

Selain itu dengan mengurangi transaksi tunai dan beralih dengan menggunakan mobile banking maka dapat mengurangi penyebaran virus. Bukan hanya di outlet konvensional, masyarakat memiliki alternatif lain untuk mendapatkan layanan keuangan BRI diantaranya melalui 16.558 mesin ATM, 5.707 mesin CRM, dan 454 ribu Agen BRILink yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Agen BRILink memberikan layanan transaksi perbankan seperti transfer, setor dan tarik tunai, pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, setoran pinjaman, memberikan layanan referral pembukaan rekening tabungan BSA dan pinjaman, dan transaksi lainnya. 

Baca juga : Mantul, Selama Pandemi, Telkom Kantongi Laba Bersih Rp 20,8 Triliun

Saat ini, Agen BRILink telah melayani masyarakat di 54,6 ribu desa, atau lebih dari 70 persen jumlah desa di seluruh Indonesia.

Selama periode libur Hari Raya Idul Fitri 1442 H, BRI tetap berkomitmen menjaga service level yang sama untuk layanan pelanggan melalui Contact BRI. Pihaknya juga menyediakannya melalui call center 14017/1500017.

"Juga akun-akun media sosial kami, di mana agen-agen kami siap melayani nasabah 24 jam sehari,” pungkasnya. Adapun daftar unit layanan terbatas ini dapat diakses di website resmi BRI. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.