Dark/Light Mode

Sinergi Antar BUMN,

Sarinah Gaet Parna Raya Kelola Sari Pasific Hotel Jakarta

Minggu, 9 Mei 2021 15:04 WIB
Ilustrasi (Foto: Ist)
Ilustrasi (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Sarinah (Persero) dan PT Parna Raya menjalin kesepakatan sebagai mitra bisnis pemilik dan pengelola Sari Pacific Hotel Jakarta. Penandantangan kesepakatan antar keduanya, telah berlangsung pada Selasa (4/5), di Kantor Kementerian BUMN dan disaksikan oleh Menteri BUMN dan jajaranannya.

Menteri BUMN Erick Thohir dalam sambutan singkatnya menyampaikan, instansinya terus menggalakkan sinergi BUMN. Juga melakukan berbagai usaha perampingan dan fokus bisnis pada core dan kelompok usahanya.

Khusus untuk hotel, banyak BUMN yang memiliki aset dan mengoperasikan hotel. "Maka hotel Sari Pacific ini juga nanti akan dikelompokkan pada klaster hotel BUMN. Sehingga potensi bisnis bisa dicapai melalui sinergi dan knowledge maupun wealth sharing,” ujar Erick dalam keterangannya, Minggu (9/5).

Baca juga : Menteri Bintang Dukung Wadah Penanganan Kasus Berbasis Gender

Kesepakatan ini merupakan penegasan kembali terhadap akta kerja sama para pihak yang disahkan pada 25 Juli 2007 lalu. Di mana pada intinya, para pihak mendapatkan dan menempatkan saham secara equal atau 50/50 pada properti Sari Pacific Hotel.

Mantan Bos Inter Milan ini menegaskan,  yang perlu terus dijaga adalah aset yang paling bernilai. Yaitu, mutual trust antara para mitra dan saling percaya ini tentunya tidak mudah didapatkan karena banyak ujiannya. “Alhamdulillah segala bentuk perselisihan antara Sarinah dan Parna Raya kini telah usai," ujarnya.

Ia juga mengajak bersama BUMN untuk transformasi aset dan bisnis Sari Pacific Hotel untuk meraih potensi pasar masa depan. "Jangan lupa, Sari Pacific Hotel pernah memiliki masa jaya dan masih memiliki ekuitas bisnis, serra ekuitas brand yang menjanjikan,” ucap Erick.

Baca juga : Sinergi BUMN, PLN Siapkan Keandalan Pasokan Listrik Jangka Panjang Blok Rokan

Direktur Utama Sarinah Fetty Kwartati sangat berharap, Sari Pacific Hotel dapat bertransformasi seperti yang Sarinah sedang kerjakan. Sehingga, pusat perhatian dan sumber daya pengembangan bisnis Sarinah dan Sari Pacific Hotel, bisa sejalan dalam spirit transformatif dengan mengedepankan visi terbarukan Sarinah, yaitu Nurturing Excellence.

“Kami berharap kelak dalam klaster hotel BUMN, agar menyerap sebanyak mungkin produk UMKM dan produk nusantara.  Di mana Sarinah akan berperan sebagai kurator dan promotor nation brand,” ujarnya.

Fetty berterima kasih kepada Menteri Erick dan jajarannya, serta pimpinan dan seluruh karyawan Parna Raya. Berharap agar kemitraan strategis yang telah berjalan selama ini dapat menjadi lebih baik, lebih bermakna dan saling menguntungkan. “Let us move ahead together,” imbuhnya.

Baca juga : Pertamina Manfaatkan Setrum PLN Untuk Blok Rokan

Hotel Sari Pacific sebagai salah satu pionir hotel internasional di Jakarta, telah memiliki banyak pelanggan dan jejaring kerja sama dengan industri travel dan tourism baik di dalam maupun di luar negeri. 

Hal ini merupakan pertimbangan kuat bagi kedua pihak mendasari settlement ini. Karena prospek bisnis yang masih cerah dan akan lebih bermakna, jika kemitraan ini berlanjut (sustain) dengan azas yang saling menguntungkan. [DWI]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.