Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

5G Telkomsel Resmi Diluncurin, Internet Makin Ngebut

Kamis, 27 Mei 2021 19:47 WIB
Peluncuran 5G Telkomsel. (Foto: ist)
Peluncuran 5G Telkomsel. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah menerima Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada 24 Mei 2021, Telkomsel gerak cepat meluncurkan layanan Telkomsel 5G.

Dengan mengusung tema 5G: Unlock the Future, Telkomsel komitmen menghadirkan layanan 5G untuk membuka potensi masa depan yang tak terbatas bagi Indonesia. Peluncuran Telkomsel 5G sekaligus menjadi milestone penting bagi Telkomsel yang genap 26 tahun hadir melayani Indonesia tepat pada 26 Mei 2021 yang lalu.

Acara peluncuran Telkomsel 5G dilakukan di Gedung Telkomsel Smart Office, Kamis (27/5). Acara dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Dirut Telkom Ririek Adriansyah dan jajaran. Dalam kesempatan itu Menteri BUMN Erick Thohir juga memberikan sambutan secara virtual.

Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro mengatakan, hadirnya 5G secara resmi di Indonesia tidak hanya menjadi milestone penting bagi Telkomsel, namun juga menjadi momentum besar bagi Indonesia dalam menyongsong masa depan yang lebih maju berkat pemanfaatan broadband terkini yang lebih optimal. 

Baca juga : Catat! Jaringan 5G Telkomsel Bisa Dinikmati Mulai 27 Mei

“Kami yakin, hadirnya teknologi jaringan seluler generasi kelima di Tanah Air akan membuka lebih banyak potensi kemajuan Indonesia untuk menjadi bangsa digital dan mampu bersaing hingga di tingkat global, terutama dalam kekuatan ekonomi digital,” ujarnya dalam sambutannya.

Menurut dia, Telkomsel 5G semata-mata hadir untuk masyarakat, industri, dan negara Indonesia. Untuk itu, komitmen Telkomsel selanjutnya adalah untuk menghadirkan layanan 5G untuk seluruh elemen bangsa. Bukan hanya untuk kota atau industri tertentu, atau segelintir pelanggan.

Menurutnya, Telkomsel akan memaksimalkan pemanfaatan 5G untuk mendorong pertumbuhan digital connectivity, digital platform, dan digital services di Indonesia serta pengembangan solusi teknologi masa depan seperti artificial intelligence, cloud computing, dan Internet of Things. 

“5G dari Telkomsel akan mengubah cara masyarakat belajar, bekerja, berbelanja, menikmati hiburan digital, hingga mengakses layanan kesehatan berbasis teknologi menjadi lebih mudah dan efisien,” ujarnya.

Baca juga : Siap Gelar 5G, Telkomsel Perluas Jaringan VoLTE

Selain itu, Telkomsel juga akan mengoptimalkan pemanfaatan 5G untuk UMKM serta industri lintas sektor seperti kesehatan, logistik, manufaktur, pertanian, pertambangan, dan lain-lain. 5G dapat meningkatkan produktivitas dan inovasi.

Layanan Telkomsel 5G juga mendukung rencana strategis Kementerian Kominfo untuk membangun fundamental digital nasional secara lebih terstruktur dan masif. Salah satu pondasinya yaitu dengan mendorong percepatan transformasi digital di tiga aspek, yakni masyarakat, pemerintahan, dan bisnis.

Menkominfo, Johnny G. Plate mengatakan, Indonesia memasuki babak baru teknologi telekomunikasi modern karena jaringan 5G Telkomsel sudah mulai bisa dinikmati oleh masyarakat. Jaringan 5G juga memperkuat upaya Telkomsel yang selalu di depan dan bergandengan tangan bersama para pemangku kepentingan untuk memajukan ekosistem digital di Indonesia.

Menurut dia, Kominfo sebagai fasilitator, regulator, dan akselerator pun akan terus mendorong pengembangan dan pemanfaatan jaringan 5G dan menghapus disparitas internet di Indonesia. “Kami pun berharap Telkomsel bisa terus berkolaborasi bersama pemerintah pusat dan daerah hingga para pelaku industri untuk memastikan penyelenggaraan 5G bisa berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Baca juga : Telkom Resmikan Sumsel Modern Broadband Province

Menteri BUMN, Erick Thohir bangga, Telkomsel berhasil menjadi operator seluler pertama yang meluncurkan jaringan 5G secara komersial di Indonesia. Kehadirannya akan menjadi game-changer terhadap transformasi digital di Tanah Air. Termasuk dalam hal penguasaan teknologi di dalam negeri, serta menjadi kunci pengembangan daya saing usaha dan kemajuan bangsa. 

“Kami berharap, dengan 5G, Telkomsel akan terus bersama dengan pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat dalam menginisiasi lebih banyak produk, solusi, dan inovasi yang mampu mendorong kematangan ekosistem dan ekonomi digital nasional secara inklusif dan berkelanjutan,” ujarnya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.