Dark/Light Mode

Mau Kembangkan Sayap Ke Trieste Dan Milan, Inilah Program Tim Ekonomi Perwakilan RI

Kamis, 27 Mei 2021 18:57 WIB
Tim Ekonomi Perwakilan Indonesia berdiskusi dengan pelaku usaha di Trieste dan Milan, Italia, menjajaki kerja sama perdagangan dan investasi. (Foto RM.id/ KBRI Roma)
Tim Ekonomi Perwakilan Indonesia berdiskusi dengan pelaku usaha di Trieste dan Milan, Italia, menjajaki kerja sama perdagangan dan investasi. (Foto RM.id/ KBRI Roma)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Ekonomi Perwakilan Republik Indonesia (RI) di Italia yang terdiri dari Koordinator Fungsi Ekonomi-Multilateral, Atase Perdagangan dan Kepala dan Wakil Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Milan telah melakukan pendekatan langsung ke pelaku usaha dan media massa Italia terkait peluang kerja sama konkret di bidang investasi dan perdagangan di Trieste dan Milan.

You brought the sun’ (anda membawa kecerahan (matahari), merupakan kalimat pertama yang disampaikan Lino Paravano, salah satu pemilik Java Biocolloid Europe Srl (JBE), ketika Koordinator Fungsi Ekonomi-Multilateral dan Atase Perdagangan KBRI Roma tiba di Trieste, Italia.

Ucapannya itu menggambarkan cerahnya kerja sama yang dijajaki Tim Ekonomi Perwakilan Indonesia di Trieste dan Milan, 19-22 Mei 2021.

Selama di Trieste, Tim Ekonomi KBRI Roma membahas lima hal , antara lain:

Baca juga : Banyak Vitamin, Rupiah Makin Perkasa

1. Peluang emas bagi investor Italia dengan diberlakukannya UU Cipta Kerja Indonesia.

2. Rencana perluasan fasilitas produksi JBE guna meningkatkan investasi dan perdagangan Indonesia di Italia terkait produk agar-agar dan rempah-rempah asal Indonesia.

3. Indikasi kesediaan JBE investasi terkait pemenuhan standar rempah Indonesia bagi pasar Eropa dan internasional.

4. Indikasi peluang investasi dari perusahaan JRS-Silvateam Srl dalam hal produksi pektin dan bahan makanan lain di Indonesia.

Baca juga : Kemenpora Fokus Kembangkan Ekosistem Kewirausahaan Pemuda Jadi Prioritas Nasional

5. Indikasi peluang investasi Samer&Co Shipping Spa dalam bidang pelabuhan, perkapalan dan freight forwarding.

Sementara itu di Milan, Tim Ekonomi KBRI Roma dan ITPC Milan, melakukan pertemuan dengan Sekretaris Jenderal AICE (Italian Association for Foreign Trade), wartawan ekonomi harian Il Sore24Ore, dan La Tiara (embrio importir produk Indonesia karya diaspora Indonesia).

Pihak AICE menyambut positif dan akan menindaklanjuti inisiatif Indonesia mengenai imbal dagang dan kerja sama lebih erat antara AICE dan perwakilan Indonesia di Italia, termasuk ITPC Milan.

Sementara itu, Laura Cavestri, wartawan ekonomi harian Il Sore24Ore, menyampaikan berbagai kiat dalam upaya peningkatan exposure peluang kerja sama ekonomi Indonesia-Italia di media massa Italia.

Baca juga : Sempat Mangkir Karena Sakit, Angin Prayitno Aji Penuhi Panggilan KPK

Pertemuan dengan La Tiara juga berhasil mengidentifikasi peluang produk spesifik yang dapat diekspor Indonesia.

Kunjungan Tim Ekonomi Perwakilan RI di Italia merupakan kali pertama pada 2021 sejak dibukanya perbatasan antar wilayah di Italia seiring dengan penurunan tingkat penyebaran Covid-19.

Pertemuan dengan pelaku usaha Italia telah memperoleh informasi tangan pertama, kedekatan pribadi, dan kondisi langsung di lapangan, guna identifikasi peluang konkrit investasi Italia ke Indonesia dan perdagangan dari Indonesia ke Italia.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.