Dark/Light Mode

Memberdayakan dan Diberdayakan Masjid (3)

Ekonomi Berbasis Masjid (2)

Jumat, 16 April 2021 05:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Masjid juga bisa berkolaborasi dengan sekolah dengan cara memberikan peluang bagi sekolah untuk memanfaatkan fasili­tas jaringan masjid.

Kita bisa memasang wifi di masjid untuk memudahkan anak-anak didik yang tidak sanggup membiayai biaya handphone. Pada akhirnya kelompok millenial yang juga gemar menggunakan alat-alat baru bisa berbagi pengalaman di masjid.

Masjid sebagai pusat pencerdasan dan edukasi umat juga menjadi amat penting. Anak-anak sekolah yang tidak sanggup membayar pulsa untuk kebutu­han belajar daring bisa datang ke masjid.

Baca juga : Ekonomi Berbasis Masjid (1)

Pembiasaan anak-anak untuk mengun­jungi masjid adalah sesuatu yang amat positif. Apalagi jika anak-anak bisa melewati masa remajanya di masjid, seperti janji Nabi, akan diberikan anak kunci untuk bernaung di villa peristira­hatan di ‘Arasy, di Padang Makhsyar, di mana penuh pemandangan mengerikan karena orang-orang berenang di atas keringatnya masing-masing.

Di masjid juga ada guru yang secara informal bisa mewakafkan ilmunya untuk membimbing anak-anak yang se­dang mengerjakan PR-nya di masjid.

Fenomena terakhir menunjukkan adanya trend umat Islam di pekotaan akan diikuti oleh umat di pedesaan.

Baca juga : Antara Masjid dan Bus Umum (2)

Model-model pengelolaan mesjid di kota-kota besar banyak diikuti oleh mesjid-mesjid di daerah. Apalagi den­gan semakin berkembangnya beberapa organisasi dan LSM secara nasional yang berorientasi untuk pemberdayaan komunitas mesjid, seperti Badan Koordinasi Remaja Mesjid Indonesia (BKPRMI) dan majlis-majlis ta’lim yang berbasis di mesjid.

Trend ini menantang kita untuk men­ciptakan pengelolaan masjid yang lebih profesional. Bukan hanya mengelola manajemen fisik masjid, tetapi lebih kepada mengelola manajemen umat di sekitar masjid.

Tentu yang termasuk di dalamnya materi dan metode dakwah yang lebih relevan dan konperhensif, termasuk memikirkan pembinaan figur muballig yang ideal.

Baca juga : Antara Masjid Dan Bus Umum (1)

Di samping itu, pengorganisasian masjid dan berbagai lembaga yang menjadi bagian atau stakeholders mesjid itu perlu diperkuat dan disinergikan.(*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.