Dark/Light Mode

Dukung UMKM, Angkasa Pura I Hadirkan Ruang Kreatif Di Bandara Adisutjipto Yogyakarta

Sabtu, 29 Mei 2021 19:36 WIB
GM Bandara Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama (kiri), Direktur Utama Angkasa Pura Retail Edyana Paramitasari (tengah), dan Direktur Pengembangan Usaha Angkasa Pura I Dendi T. Danianto (kanan) pada acara soft launching TILAS di Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Sabtu 29 Mei 2021. (Dok. Angkasa Pura I)
GM Bandara Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama (kiri), Direktur Utama Angkasa Pura Retail Edyana Paramitasari (tengah), dan Direktur Pengembangan Usaha Angkasa Pura I Dendi T. Danianto (kanan) pada acara soft launching TILAS di Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Sabtu 29 Mei 2021. (Dok. Angkasa Pura I)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura I (Persero) bekerja sama dengan salah satu anak usahanya PT Angkasa Pura Retail menghadirkan "TILAS" di Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

Aksi koorporasi ini untuk mendukung pengembangan dan pemasaran produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan industri kreatif di Yogyakarta.

TILAS yang merupakan akronim dari Titik Lawas Adisutjipto ini hadir sebagai ruang kumpul baru bagi masyarakat Yogyakarta.

TILAS dapat dijadikan wadah bagi para pelaku ekonomi dan industri kreatif Yogyakarta untuk saling berkolaborasi dalam berkarya sehingga pada akhirnya, dapat mengembangkan ekonomi kreatif yang berbasis pada 17 sektor industri kreatif.

TILAS mulai diperkenalkan dan dibuka untuk publik pada Sabtu 29 Mei 2021. Keberadaan TILAS ditengah-tengah masyarakat Yogyakarta dilakukan demi terciptanya ruang kreatif yang nyaman, melihat banyaknya seniman muda Yogyakarta yang membutuhkan sarana aktualisasi.

Baca Juga : Di Hong Kong, Top Eksekutif Keuangan Yang Sudah Divaksin Penuh, Bisa Bebas Karantina

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan, kehadiran Bandara Adisutjipto sebagai salah satu ikon Kota Yogyakarta saat ini telah direvitalisasi.

Tidak hanya sebagai bandara, namun juga sebagai ruang kreatif bagi komunitas milenial, pelaku UMKM lokal atau pelaku industri kreatif, dan masyarakat Yogyakarta secara umum.

Dikatakan, upaya revitalisasi ini seiring dengan komitmen Angkasa Pura I terhadap pengembangan perekonomian daerah, khususnya UMKM dan industri kreatif.

"Diharapkan TILAS di Bandara Adisutjipto ini dapat disambut baik dan dimanfaatkan oleh UMKM pelaku ekonomi kreatif Yogyakarta. Sehingga pada akhirnya, dapat berkontribusi terhadap pengembangan ekonomi kreatif Yogyakarta," ujar Faik Fahmi.

"Untuk menciptakan ruang publik dan _creative space_ yang nyaman, TILAS terbagi ke dalam tiga area yaitu untuk pelaku industri kreatif, ruang workshop, dan area khusus event yang dapat digunakan untuk pameran atau kegiatan lainnya," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura Retail Edyana Paramitasari.

Baca Juga : Sempat Terbakar, KSOP Klaim KM Karya Indah Layak Berlayar

Pusat Seni

TILAS akan menghadirkan beragam agenda kegiatan secara rutin dan berkala.

Berbagai kegiatan yang akan dilakukan antara lain TILAS Mingguan yang hadir dengan berbagai tema berbeda setiap minggunya, mulai dari street market, pagelaran seni budaya, komunitas, dan workshop

Penyuguhan berbagai tema yang berbeda tiap minggunya dilakukan agar pengunjung dapat merasakan keberagaman budaya dan UMKM yang ada di Yogyakarta.

TILAS juga memberikan wadah khusus bagi pecinta musik. Setiap bulannya, TILAS akan menghadirkan konser musik khusus band indie Yogyakarta.

Baca Juga : Larangan Mudik Berakhir, Jumlah Penumpang Di Bandara Juanda Surabaya Meningkat

Konser musik ini akan diadakan pada akhir minggu keempat di setiap bulannya. Selain itu, TILAS juga menghadirkan event dan pameran tematik dengan memberikan tema sama dengan hari spesial serta beriringan dengan _calendar event_ di Yogyakarta.

Angkasa Pura I dan Angkasa Pura Retail akan terus melakukan inovasi konsep dan layanan TILAS agar dapat sesuai dan relevan dengan kebutuhan pengembangan UMKM dan industri kreatif Yogyakarta.