Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bisa Dongkrak Ekonomi Daerah Yang Dilintasi

Jumat, 4 Juni 2021 05:20 WIB
Model berfoto di samping miniatur kereta cepat dalam pameran kereta cepat dari China. (Ist)
Model berfoto di samping miniatur kereta cepat dalam pameran kereta cepat dari China. (Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) optimistis keberadaan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) bisa memberikan dampak pengembangan ekonomi bagi daerah-daerah yang dilintasi.

Apalagi kata Corporate Secretary PT KCIC Mirza Soraya, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya belum lama ini, KCJB akan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya. 

Selama proses pembangunan, Mirza menyebutkan manfaat sosial keberadaan KCJB yang sudah dirasakan masyarakat. 

Baca juga : PT KCIC Pede Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bisa Ngacir Akhir Tahun 2022

Ia menyebutkan, secara berkala, PT KCIC melakukan community development atau pengembangan untuk masyarakat sekitar proyek pembangunan KCJB.

Beberapa benefit sosial yang dilakukan, kata dia, adalah peningkatan fasilitas umum bagi yang berdampak pembebasan lahan pembangunan infrastruktur dan lainnya.

"Contohnya ketika ada masjid yang terkena proyek ini, kami pindahkan masjidnya ke lokasi baru. dengan desain dan kualitas yang lebih baik. Begitu juga dengan sekolah dan fasilitas lainnya," jelasnya.

Baca juga : Penerapan SIN Pajak Bisa Dongkrak Penerimaan Negara

Guna mencegah adanya dampak lingkungan dari pembangunan KCJB, Mirza menyebut PT. KCIC selalu berkoordinasi dengan kontraktor yang melakukan pembangunan.

Kontraktor, sebut Mirza, diminta untuk tidak hanya memperhatikan lokasi pembangunan, tetapi juga area sekitar pembangunan. 

Dicontohkan, sebelum musim hujan, PT. KCIC selalu mengingatkan kontraktor untuk selalu melakukan normalisasi drainase yang tersumbat atau bahkan pelebaran saluran di wilayah sekitar pembangunan.

Baca juga : Pengusaha Pariwisata Pede, Munas Kadin Dongkrak Ekonomi Bali

"Kami terus membangun koordinasi dan komunikasi dengan seluruh pihak agar pembangunan KCJB ini bisa berjalan lancar tanpa kendala," jelasnya. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.