Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Duet BSI & PertaminaBeri Pembiayaan Pertashop Di Ponpes

Minggu, 6 Juni 2021 20:49 WIB
Dirut BSI Herry Gunardi (Foto: Ist)
Dirut BSI Herry Gunardi (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) bersama Pertamina, memberikan pembiayaan Pertashop pada ekosistem pesantren.

Dalam nota kesepahaman tersebut, ketiga entitas sepakat untuk berkolaborasi dalam pengembangan bisnis Pertashop, serta fasilitas pembiayaan di lingkungan pesantren.

Tujuannya, sebagai wujud komitmen membangun ekonomi umat bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) berbasis pesantren.

Direktur Utama BSI, Hery Gunardi mengatakan, segmen UMKM menjadi salah satu fokus perusahaannya dalam mengembangkan ekosistem halal yang bermanfaat bagi umat.

"Strategi yang dilakukan, adalah menumbuhkan segmen UMKM berbasis ekosistem/komunitas, dan value chain yang terintegrasi," ucap Hery dalam keterangan, Minggu (6/6).

Baca juga : BSI Salurkan Pembiayaan Pertashop Untuk Pesantren

Pihaknya berharap, dapat menggali potensi pesantren di seluruh daerah melalui peran masing-masing pihak, lewat kerja sama dalam pengembangan ekonomi umat.

Khususnya pengembangan bisnis Pertashop, penyampaian potensi lokasi, hingga penjaringan pesantren, sosialisasi dan pendampingan pengembangan usaha Pertashop, sampai dengan pemberian fasilitas pembiayaan.

BSI berharap, mampu mendorong UMKM untuk berkembang dan naik kelas, tidak hanya memberikan dukungan finansial, namun juga pendampingan bagi pelaku usaha.

Di antaranya melalui penyediaan Pusat Pelatihan & Pendampingan UMKM, penyelenggaraan pelatihan pemasaran produk UMKM, dan pembangunan sentra UMKM di daerah.

"Dengan UMKM naik kelas, diharapkan dapat berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional," katanya.

Baca juga : BSI Salurkan Pembiayaan Untuk Bangun Rel Kereta Api Makassar-Parepare

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menjelaskan, Pertamina telah membangun kemitraan dengan berbagai pihak untuk pembangunan Pertashop.

Kehadiran Pertashop, diharapkan dapat mempermudah masyarakat untuk mendapatkan akses BBM yang ramah lingkungan, yaitu Pertamax dengan harga yang sama seperti di SPBU.

Sebelumnya, Pertamina juga telah membangun Pertashop di Pesantren. Melalui kerja sama ini, kehadiran Pertashop di lingkungan Pesantren akan bertambah.

Nicke menuturkan, hadirnya Pertashop di Pesantren yang berada dalam jaringan MES, merupakan bentuk komitmen Pertamina sebagai BUMN. Terutama dalam pemerataan energi berkualitas, dan menggerakan perekonomian nasional.

"Mulai dari tingkat desa melalui UMKM dan pemberdayaan masyarakat kecil dengan investasi yang terjangkau," tutur Nicke.

Baca juga : Dukung Petani Banyuwangi, LPEI Gelar Pelatihan Produk Pilihan

Sebelumnya, BSI telah memberi pembiayaan Pertashop ke Pesantren Binaan Habib Muhammad Lutfi Bin Ali Bin Yahya di Pekalongan, Jawa Tengah.

Dalam hal ini, BSI berkomitmen, memberikan dukungan produk dan jasa layanan perbankan bagi UMKM di lingkungan pesantren. Mulai dari agen Laku Pandai, modal kerja untuk usaha, termasuk jika ingin membuka Pertashop. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.