Dark/Light Mode

Jaga Produksi Migas, Ini Strategi PLN Amankan Pasokan Listrik Blok Rokan

Rabu, 23 Juni 2021 18:24 WIB
Blok Rokan. (Ist)
Blok Rokan. (Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT PLN (Persero) berkomitmen menjaga keandalan pasokan listrik dan uap untuk mendukung pengoperasian Blok Rokan, baik saat masa peralihan maupun secara jangka panjang.  

Seperti diketahui, pengelolaan Blok Rokan mulai 9 Agustus 2021 akan beralih dari Chevron Pacific Indonesia ke PT Pertamina Hulu Rokan.

Baca juga : Jaga Kelestarian Alam, BNI Terus Kembangkan Hutan OrganikĀ 

Blok Rokan merupakan penyumbang 25 persen dari total produksi minyak nasional. Apabila pasokan listrik ke Blok Rokan terhenti, dampaknya akan sangat fatal dan hal ini akan sangat mengganggu pencapaian _lifting_ dan produksi migas nasional.

Selama dikelola oleh CPI, pasokan listrik untuk blok Rokan ini berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) berkapasitas 300 Megawatt (MW) yang dimiliki oleh PT Mandau Cipta Tenaga Nusantara (MCTN) yang mayoritas sahamnya dimiliki Chevron Standar Ltd (CSL).

Baca juga : PLN Jaga Pasokan Listrik Di Rumah Sakit Dan Fasilitas Kesehatan

"Saat ini kami sedang bernegosiasi dengan MCTN. Semoga dalam waktu yang tidak terlalu lama kita bisa tercapai kesepakatan, saham MCTN 100 persen milik PLN," kata Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril dalam diskusi _virtual_ bertajuk "Keandalan Pasokan Listrik Jaga Produksi Blok Rokan", Selasa (22/6/2021).  

Guna menjamin pasokan listrik dan uap dalam operasional WK Rokan, PLN dan PHR telah menyepakati dan menandatangani Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik dan Uap (PJBTLU) pada 1 Februari 2021 lalu.  

Baca juga : Ogah Impor Terus, Kemenperin Perkuat Rantai Pasok Industri Refraktori

Dalam melayani kebutuhan listrik dan uap Blok Rokan, lanjut Bob, PLN merencanakan 2 tahap yaitu masa transisi dan masa permanen.

Tahap pertama, masa transisi dengan memanfaatkan pembangkit listrik eksisting yang akan berlangsung selama 3 tahun, mulai 9 Agustus 2021.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.