Dark/Light Mode

Resmi Jadi KEK Teknologi Dan Manufaktur, JIIPE Gresik Objek Strategis Industri 4.0

Jumat, 2 Juli 2021 15:26 WIB
IIlustrasi Pelabuhan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik JIIPE. (Foto: Istimewa)
IIlustrasi Pelabuhan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik JIIPE. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kawasan Ekonomi Khusus Gresik JIIPE yang dimiliki oleh PT AKR Corporindo Tbk (IDX ticker code: AKRA.IJ) dan Pelindo III telah resmi disahkan sebagai KEK Teknologi & Manufaktur melalui Peraturan Pemerintah (PP) No. 71 Tahun 2021 tanggal 28 Juni 2021 yang ditandatangani Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Penunjukan JIIPE sebagai KEK Teknologi & Manufaktur menjadikannya sebagai salah satu Kawasan Industri yang paling kompetitif dan diminati para pelaku industri di kawasan ini. KEK Gresik JIIPE merupakan Obyek Strategis Nasional untuk Industri 4.0.

Berita Terkait : Kemenperin Gandeng Startup Teknologi Percepat Digitalisasi Industri

Ini menyediakan konektivitas superior dengan transportasi multimoda, terhubung pelabuhan laut dalam, utilitas lengkap 1 pintu, perizinan lingkungan dengan AMDAL 1 pintu, dan izin konstruksi cepat melalui fasilitas KLIK. Status KEK akan memberikan insentif tambahan kepada investor.

Di antaranya adalah insentif fiskal meliputi Pajak Penghasilan, Bea Cukai. Insentif non-Fiskal meliputi persetujuan izin dan lisensi 1 pintu, kemudahan lalu lintas barang, dan fleksibilitas dalam ketenagakerjaan.

Berita Terkait : Perkuat Jasa Industri, Kemenperin Kembangkan Teknologi Berbasis Industri 4.0

Kombinasi fasilitas JIIPE, lokasi yang strategis, dan status KEK akan mendorong tercapainya target pemerintah untuk mengurangi biaya logistik dan operasional lainnya, serta menjadikan Indonesia sebagai tujuan pilihan investasi yang menarik.
 Selanjutnya