Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Musibah Banjir Bandang

Mantap, PLN Telah Normalkan Kembali 85 Gardu Di Bengkulu

Selasa, 30 April 2019 12:59 WIB
Selain melakukan recovery kelistrikan PLN juga memberikan bantuan yang dibagikan kepada warga terdampak banjir bandang di wilayah Bengkulu. (Foto: Humas PLN)
Selain melakukan recovery kelistrikan PLN juga memberikan bantuan yang dibagikan kepada warga terdampak banjir bandang di wilayah Bengkulu. (Foto: Humas PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT PLN (Persero) telah berhasil menormalkan kembali 85 gardu listrik, dari total 161 gardu yang padam akibat banjir bandang yang menerjang Bengkulu sejak 26 April lalu.

Selain itu, PLN juga berhasil memperbaiki 2 penyulang dari 4 yang terdampak banjir.

Untuk mempercepat proses recovery, PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu bersama PLN Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan, bersinergi dengan memberangkatkan Tim Tanggap Bencana dan Pemulihan Kelistrikan di Bengkulu.

Baca juga : Bareng Kodam Jaya, Waskita Karya Kembali Gelar Seminar Kebangsaan

Sebanyak 70 personil dari wilayah kerja pelayanan Palembang, Lahat, Jambi, dan Muara Bungo diterjunkan ke Bengkulu. Para personil juga membawa serta 3 mobil Crane untuk perbaikan tiang listrik, serta 6 kendaraan Ranger double cabin untuk operasional pekerjaan pemulihan.

Di Bengkulu, 160 petugas yang terdiri dari 100 petugas Pelayanan Teknik PLN serta 4 tim dari Mitra Kerja PLN yang totalnya berjumlah 60 orang, diterjunkan langsung ke berbagai lokasi kerusakan jaringan listrik.

Pengiriman material tiang ke berbagai lokasi, juga dilakukan untuk mengganti material jaringan listrik yang mengalami kerusakan.

Baca juga : Korban Banjir Bandang Di Sentani Terus Bertambah, 105 Orang Tewas

Untuk memantau kondisi kelistrikan secara kontinyu selama masa pemulihan ini, PLN telah membuat Posko Siaga dan Darurat Kelistrikan di PLN UP3 Bengkulu, dengan 25 petugas siaga yang dilengkapi 5 mobil Pelayanan Teknik.

"Kami akan berupaya secepatnya untuk memulihkan kelistrikan di Bengkulu. Kami targetkan, warga bisa kembali menikmati aliran listrik. Selain kecepatan, recovery kelistrikan juga sangat memperhatikan sistem keamanan, mengingat masih banyak infrastruktur yang terendam banjir," kata Vice President Public Relation PLN Dwi Suryo Abdullah, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (30/4).

Selain melakukan recovery kelistrikan, PLN juga memberikan bantuan kepada warga terdampak. Bantuan berupa pemberian sembako di sekitar PLTA Musi.

Baca juga : Kepolisian Belanda Tangkap Penembak Trem Di Utrecht

PLN kini juga sedang menyiapkan posko bantuan untuk memberikan tempat layak bagi para pengungsi banjir. Dari recovery yang dilakukan pada hari ini, PLN telah menyalakan kembali sekitar 7 ribu lebih warga terdampak, dan 4 ribu lainnya masih mengalami pemadaman.

"Pemadaman parsial harus dilakukan di beberapa lokasi, guna keselamatan lingkungan sekitar dan menghindari dampak kerusakan yang lebih besar," kata Dwi Suryo. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.