Dark/Light Mode

Angkasa Pura I Siapkan Sentra Vaksinasi Di 15 Bandara

Senin, 5 Juli 2021 20:22 WIB
Situasi vaksinasi Covid-19 di Bandara Lombok Praya pada Senin (5/7/2021). (Dok. Angkasa Pura I)
Situasi vaksinasi Covid-19 di Bandara Lombok Praya pada Senin (5/7/2021). (Dok. Angkasa Pura I)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura I (Persero) menyiapkan sentra vaksinasi Covid-19 di seluruh bandara kelolaan mulai 5 Juli 2021. Hal ini merupakan bentuk dukungan perusahaan untuk mewujudkan target 1 juta vaksin per hari pada Juli dan 2 juta vaksin per hari pada Agustus.

Target tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo pada saat membuka Musyawarah Nasional Kamar Dagang dan Industri (Kadin) pada 30 Juni lalu.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi menegaskan, Angkasa Pura I mendukung target Pemerintah dalam mewujudkan target 1 juga vaksin per hari pada Juli dan 2 juta vaksin per hari pada Agustus 2021, dengan menyediakan sentra vaksinasi di 15 bandara kelolaan.

Baca juga : Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Vaksinasi Covid-19 di Universitas Pancasila

"Dengan adanya sentra vaksinasi di bandara ini akan memperluas dan mempermudah masyarakat, khusus calon penumpang, untuk mendapatkan vaksin sehingga _herd immunity_ berdasarkan vaksin dapat terwujud," ujar Faik Fahmi dalam keterangannya, Senin (5/7/2021).

Penyediaan sentra vaksinasi di bandara ini, lanjut Faik Fahmi, juga untuk mendukung penerapan persyaratan protokol kesehatan pada masa PPKM Darurat.

Di mana syarat perjalanan udara dalam negeri menuju dan dari Jawa serta Bali adalah harus menunjukkan kartu vaksinasi dan hasil tes PCR.

Baca juga : Menkes Puji Alumni Kanisius Vaksinasi 5 Ribu Orang Per Hari

Penyediaan sentra vaksinasi di 15 bandara Angkasa Pura I ini bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) masing-masing bandara, Dinas Kesehatan Pemerintah Daerah, TNI, Polri, dan komunitas bandara lainnya. 

KKP dan Dinas Kesehatan setempat bertugas sebagai penyelenggara vaksinasi yang menyediakan tenaga kesehatan dan vaksin.

Faik menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Kesehatan, Kantor Kesehatan Pelabuhan masing-masing bandara, Dinas Kesehatan, TNI, Polri, dan stakeholder lainnya yang terlibat dalam penyediaan sentra vaksinasi di 15 bandara Angkasa Pura I dapat tersedia.

Baca juga : Kemenhub: Simpul Keberangkatan Transportasi Siap Beri Vaksin Gratis

"Dengan kolaborasi yang baik diharapkan pelayanan vaksinasi kepada calon penumpang dapat berjalan lancar dan dapat mempercepat  peningkatan presentase total populasi yang divaksinasi" ujar Faik Fahmi. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.