Dark/Light Mode

Bangun Kapasitas Petani Kopi Subang, LPEI Luncurkan Desa Devisa

Senin, 12 Juli 2021 19:13 WIB
Peluncuran Desa Devisa Kopi Subang yang diselenggarakan secara virtual, Senin (12/7).( Foto: Dok. LPEI)
Peluncuran Desa Devisa Kopi Subang yang diselenggarakan secara virtual, Senin (12/7).( Foto: Dok. LPEI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/Indonesia Eximbank komitmen mendorong komoditas unggulan desa, melalui program Desa Devisa untuk dikembangkan kapasitasnya berorientasi ekspor.

Desa Devisa di Indonesia menjadi salah satu program yang dipelopori untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing komoditas yang dihasilkan wilayah sekitarnya.

Baca juga : Strategi Redam Volatilitas Pasar Keuangan, BNI Dan PLN Luncurkan Buku Pintar Hedging

Program Desa Devisa yang memberikan pendampingan dan pengembangan kapasitas pelaku usaha berorientasi ekspor hari ini mencatatkan sejarah dengan meluncurkan Desa Devisa ketiga di Indonesia berlokasi di Kabupaten Subang, Jawa Barat, di mana hari ini bertepatan dengan Hari Koperasi.

Direktur Eksekutif LPEI, D. James Rompas mengaku sangat optimistis dengan kerja sama ini. Pihaknya yakin, dengan potensi Subang dengan komoditas kopinya dan berharap melalui program pelatihan selama enam bulan ke depan dapat meningkatkan kapasitas petani. Sehingga kualitas biji kopinya juga dapat memenuhi kebutuhan ekspor.

Baca juga : Permintaan Pasar Meningkat, 3iMed Luncurkan 3 Jenis Masker

"Kami juga berharap, kolaborasi yang terjalin antara Koperasi Gunung Luhur Berkah dan Pemda Subang dapat menjadi salah satu solusi awal di tengah kondisi pandemi yang kita hadapi,” tegasnya dalam acara peluncuran Desa Devisa Kopi Subang yang diselenggarakan secara virtual, Senin (12/7).

James mengatakan, program yang berbasis pemberdayaan masyarakat ini akan mendorong kemandirian petani kopi melalui rangkaian pelatihan, pendampingan serta pemanfaatan jasa konsultasi. Sehingga mampu merambah pasar ekspor kopi dunia dengan produk berkualitas.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.