Dark/Light Mode

Tingkatkan Kualitas SDM, Literasi Bukan Sekadar Membaca

Kamis, 24 Juni 2021 16:19 WIB
Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando mengukuhkan Kahiyang Ayu sebagai Bunda Literasi Kota Medan, di Medan, Kamis (24/6). (Foto: Dok. Perpusnas)
Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando mengukuhkan Kahiyang Ayu sebagai Bunda Literasi Kota Medan, di Medan, Kamis (24/6). (Foto: Dok. Perpusnas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kunci daya saing bangsa terletak pada kualitas sumber daya manusia (SDM)-nya. Yaitu SDM yang unggul, yang menguasai pengetahuan, teknologi, berjiwa kreatif, dan selalu melakukan hal-hal baru (inovatif). Kata kunci untuk menghasilkan SDM berdaya saing adalah kemampuan literasi. 

Demikian disampaikan Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando, dalam kegiatan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) dan Pengukuhan Bunda Literasi Kota Medan Kahiyang Ayu, Kamis (24/6). “Perpustakaan memainkan peran penting sebagai supporting pembangunan di semua lini, apalagi untuk membangun sumber daya manusia unggul,” ujarnya, seperti keterangan yang diterima redaksi.

Baca juga : Peningkatan Literasi Kunci Selesaikan Persoalan Bangsa

Syarif menerangkan, literasi berbanding lurus dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesejahteraan manusia. Literasi merupakan pondasi penting bagi pembangunan yang bermartabat. 

Ketua Dewan Perpustakaan Sumatera Utara (Sumut) Hasyim Purba mengatakan, Medan adalah etalasenya Sumut. Makanya, dia berharap, perhatian dan dukungan Pemda terhadap pengembangan literasi tidak main-main. 

Baca juga : Piala Walikota Solo, Maung Bandung Cuma Boyong 20 Pemain

“Giatkan penulis lokal untuk menulis kekhasan daerah. Kembangkan perpustakaan digital. Desain perpustakaan menjadi tempat menyenangkan seperti di café. Bangun pojok-pojok baca di seluruh Kota Medan,” sarannya.

Di tempat yang sama, Anggota Komisi X DPR Sofyan Tan menyatakan, literasi bukan hanya membaca. Tetapi perlu kedalaman menelaah informasi. Tanpa pemahaman informasi yang utuh, kondisi negara bisa menjadi ‘horor’. Makanya, masyarakat harus diberikan pemahaman demikian. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.