Dark/Light Mode

Percepat Herd Immunity, Dunia Usaha Dukung Vaksin Berbayar

Rabu, 14 Juli 2021 10:08 WIB
Ketua Umum Hippi, Sarman Simanjorang. (Foto: ist)
Ketua Umum Hippi, Sarman Simanjorang. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dunia usaha mendukung penuh berbagai program pemerintah dalam rangka memerangi Covid-19. Salah satunya vaksinasi berbayar yang akan dilakukan PT Kimia Farma untuk mempercepat herd immunity.

“Kita sangat mendukung program ini dalam rangka pencepatan pemerataan vansinasi Covid-19 di tengah-tengah masyarakat sehingga memiliki kekebalan komunal atau herd immunity,” ujar Ketua Umum Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (Hippi), Sarman Simanjorang, Rabu (14/7).

Menurut Sarman, vaksinasi gotong royong individu berbayar ini sama sekali tidak akan mengganggu program vaksinasi gratis. Vaksin ini ditujukan kepada kelompok masyarakat yang memiliki kemampuan lebih atau pelaku usaha dengan jumlah tenaga kerja yang tidak banyak, serta orang asing yang tidak dapat akses vaksin gratis. 

Baca juga : Kimia Farma Tunda Layanan Vaksinasi Covid-19 Berbayar

“Jika ada kelompok masyarakat yang ingin divaksin segera dan memiliki kemampuan untuk membayar dan pemerintah menyediakan akses itu, kan sah-sah saja. Program ini kan tidak ada pemaksaan atau kewajiban ini hanya salah satu opsi atau pilihan bagi mereka yang memiliki kemampuan,” ujarnya.

Menurut dia, pemeringah melalui Kementerian Kesehatan sudah mengeluarkan regulasinya dan  harganya. Semuanya sudah jelas, seharusnya tidak ada yang perlu diperdebatkan. 

“Kita memiliki kelas menengah baru yang mencapai 50 juta, dan mereka ini berpotensi menjadi peserta vaksin gotong rotong mandiri berbayar,” bebernya. 

Baca juga : Kimia Farma Tunda Vaksinasi Berbayar, Ini Alasannya

Jika ini sudah berjalan secara efektif bersamaan dengan vaksin gratis, maka target vaksin dua juta per hari pada Agustus akan dapat tercapai. Syukur-syukur bisa lebih. Hal ini akan semakin mempercepat kita keluar dari krisis Covid-19. 

Kondisi pengusaha saat ini sudah sangat tertekan, mereka ingin kepastian dan jaminan agar cepat keluar dari badai ini. Vaksinasi ini menjadi andalan. “Jika masyarakat kita sudah mayoritas divaksin tentu akan mempercepat proses pemulihan ekonomi kita,” katanya.

Dia mengajak semua pihak bersatu dan bergandengan tangan memerangi Covid-19. Misalnya dengan memberikan informasi yang dapat menguatkan psikologi pengusaha dan masyarakat, bukan polemik yang saling menyalahkan. 

Baca juga : Kimia Farma Diagnostika Gelar Vaksinasi Gotong Royong Individu

“Kami sangat menyayangkan terjadinya polemik atas program ini, padahal ini merupakan pengembangan program vaksin gotong yang digagas oleh pelaku usaha melalui Kadin,” ujar Sarman. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.