Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menag Ajak Forkopimda Sosialisasikan Prokes Pemotongan Hewan Kurban

Sabtu, 17 Juli 2021 14:26 WIB
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: ist)
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas mengajak, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk mensosialisasikan protokol kesehatan (prokes) Shalat Idul Adha sampai pemotongan hewan kurban.

Untuk diketahui, Kementerian Agama (Kemendag) telah menerbitkan dan mensosialisasikan edaran Nomor SE No 17 tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di tempat Ibadah, Malam Takbiran, Salat Idul Adha, dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kurban 1442 H/2021 M di Wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Menag melihat ada potensi terjadinya kerumunan dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban. Untuk itu, dia mohon dukungan kerja sama kepala daerah dan Forkopimda dalam implementasi SE No 17 ini dapat berjalan dengan cepat.

Baca juga : Mentan Bersama Wali Kota Bogor Pantau Ketersediaan Hewan Kurban

“Karena momen penyembelihan hewan kurban ini berpotensi menimbulkan kerumunan, seperti pembagian daging kurban," ujar Menag saat mengikuti Rapat Koordinasi Evaluasi Pelaksanaan PPKM Mikro Diperketat dan PPKM Darurat secara virtual, Sabtu (17/7).

Rapat Koordinasi dipimpin Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Selain Menag, Rakor dihadiri secara virtual sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, di antaranya Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, pimpinan lembaga negara dan Forkopimda se-Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Yaqut melaporkan progres sosialisasi dan monitoring SE No17 tahun 2021. Menurutnya, sosialisasi edaran SE No 17 tahun 2021 sudah berjalan dengan baik.

Baca juga : Menpora Ajak Pemuda Hadapi Persaingan Global Dengan Berwirausaha

Seluruh pejabat Kemenag, pusat dan daerah hingga para penyuluh agama, dikerahkan dalam sosialisasi ini. Begitu juga dengan dukungan NU, Muhammadiyah, MUI dan ormas keagamaan lainnya yang ikut membantu sehingga edaran ini dapat diterima oleh masyarakat.

“Ada perkembangan yang cukup bagus dari minggu sebelumnya terkait kesadaran masyarakat untuk menjalani peribadatan di rumah demi mencegah meluasnya angka Covid-19 di wilayah PPKM Darurat dan daerah lainnya," kata Yaqut.

Usai mengikuti Rapat Koordinasi Evaluasi Pelaksanaan PPKM Mikro Diperketat dan PPKM Darurat, Menag kemudian melanjutkan rapat pembatasan mobilitas Idul Adha yang dipimpin Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan yang digelar secara virtual. Dalam rapat tersebut juga dibahas rencana perpanjangan PPKM Darurat dan Mikro di Indonesia. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.