Dewan Pers

Dark/Light Mode

Telkomsel Mitra Inovasi Suntik Startup Rp 579 M

Jumat, 23 Juli 2021 00:07 WIB
Media update Telkomsel Mitra Inovasi. (Foto: ist)
Media update Telkomsel Mitra Inovasi. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anak usaha Telkomsel yang bergerak di bidang permodalan ventura, Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) terus mengakselerasi perkembangan startup Tanah Air maupun global. 

Direktur Utama TMI, Marlin R. Siahaan mengatakan, TMI memberikan dukungan bukan dalam modal semata, melainkan juga memperkuat synergy value melalui pemanfaatan keunggulan aset yang dimiliki Telkomsel.

Selanjutnya adalah mengutamakan kolaborasi jangka panjang dengan para pelaku startup dalam menghadirkan solusi terdepan yang memberikan manfaat sosial digital bagi setiap lapisan masyarakat secara lebih luas. 

Berita Terkait : Eks Menpora Malaysia Syed Saddiq, Kepentok Korupsi Rp 3,4 M

“Nilai tersebut akan selalu dibawa dan menjadi pembeda bagi TMI yang berkomitmen menghadirkan smart digital-preneurship di Indonesia untuk mampu bersaing dalam skala global,” ujarnya, Kamis (22/7).

TMI sendiri selama ini terus mengembangkan investasi pada solusi masa depan bagi masyarakat, yang berfokus pada sektor perdagangan dan periklanan, media dan hiburan, connecting device dan hardware, data dan analisis, serta jaringan dan infrastruktur. 

Selama ini TMI telah giat mengakselerasi pertumbuhan startup di sektor-sektor tersebut dengan memanfaatkan sumber daya Telkomsel, mengakselerasikan inovasi (accelerate), menyediakan dana tambahan untuk memaksimalkan potensi bisnis (additional funds), serta menghubungkan para startup dengan ekosistem investor lainnya (affiliate).

Berita Terkait : Telkomsel Perkenalkan Identitas Baru

Marlin lebih lanjut menambahkan, dari sekiranya sembilan startup yang sudah mendapatkan investasi pre series dan series A/B melalui TMI. Hampir seluruhnya merupakan startup lokal hasil karya anak negeri, yang memiliki potensi pengembangan bisnis digital yang menjanjikan di tiap sektornya. 

Hingga saat ini TMI telah melakukan investasi sekirar 40 juta dolar AS atau sekitar Rp 579 miliar di sejumlah startup yang sedang berkembang pesat di Indonesia, antara lain seperti Kredivo, PrivyID, Qlue, Halodoc, Tanihub, Tada, SiCepat, dan Inspigo.

GM External Corporate Communications Telkomsel, Aldin Hasyim mengatakan, Sejak dihadirkan pada 2019, TMI telah dibentuk sebagai mitra yang mendorong startup dalam mendisrupsi pasar yang besar untuk memungkinkan transformasi industri, peningkatan peluang, dan mempersempit kesenjangan bisnis. 

Berita Terkait : Menlu Retno Minta Rusia Buka Akses Untuk Pelajar RI

Hal tersebut sejalan dengan komitmen Telkomsel yang selalu berupaya mengoptimalkan potensi di segala aspek kehidupan melalui kemungkinan tanpa batas. Telkomsel telah menempatkan TMI sebagai mitra andal dalam mendukung dan mempercepat pertumbuhan digital-preneurs dari para pelaku startup berpotensi di Indonesia bahkan dunia. [DIT]