Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gaduh Pasokan Gula

Kemenperin Siap Audit Pabrik KTM

Selasa, 27 Juli 2021 13:03 WIB
Para pekerja menurunkan gula impor dari kapal/Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Para pekerja menurunkan gula impor dari kapal/Ilustrasi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memastikan bakal melakukan audit terhadap PT Kebun Tebu Mas (KTM). Apabila ditemukan adanya pelanggaran, perusahaan pabrik gula tersebut bakal menerima sanksi.

Direktur Industri Makanan, Hasil Laut, dan Perikanan Kemenperin Supriadi mengatakan, salah satu sanksi yang mungkin diberikan adalah penangguhan izin impor raw sugar yang menjadi insentif dari pemerintah bagi investasi pabrik gula baru. "Bisa saja kita berikan punishment masalah impornya. Nanti kita lihat berdasarkan hasil audit itu," tutur Supriadi.

Baca juga : Gandeng 7 Perusahaan, Kemenperin Perkuat SDM Teknologi Kertas

Pernyataan Supriadi itu diperkuat dengan ketentuan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) 3/2021 Pasal 17. Bunyinya, “Apabila berdasarkan hasil pengawasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 16 ditemukan pelanggaran oleh Perusahaan Industri pemilik Rekomendasi, Direktur Jenderal dapat menolak permohonan penerbitan Rekomendasi (impor raw sugar) berikutnya”.

Supriadi mengatakan, audit dilakukan sebagai tindak lanjut dari rekomendasi yang disampaikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Komisi Perlindungan Persaingan Usaha (KPPU). Ia melanjutkan, dorongan tersebut merupakan buntut adanya kegaduhan berkaitan dengan pasokan gula untuk industri di Jawa Timur yang ramai beberapa waktu belakangan.

Baca juga : Bawa Delapan Papan Selancar, Rio Waida Siap Arungi Ombak Tsurigasaki

"Waktu itu KPK memerintahkan kita untuk turun ke lapangan untuk hal ini termasuk KPPU juga. Saran dari KPPU dari KPK karena ini ramai. Titipnya tolonglah untuk Jatim, KTM itu dilakukan audit kenapa jadi rame gini," jelas dia

Ia melanjutkan, sebenarnya Kemenperin sudah mengagendakan pelaksanaan audit bersama lembaga terkait berkenaan dengan kegaduhan yang terjadi di Jawa Timur. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.