Dark/Light Mode

Cara Pengaplikasian Lantai Cementitious Coatings Pada Pabrik Makanan

Kamis, 15 Juli 2021 15:36 WIB
Lantai dengan Cementitious Coatings/Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Lantai dengan Cementitious Coatings/Ilustrasi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pabrik makanan perlu mengikuti standar higienitas. Standar keamanan pangan pada pabrik makanan dan minuman juga selalu diaudit, baik lembaga resmi maupun lembaga internal dan pembelinya, ketika perusahaan tersebut ini melakukan ekspor. Salah satu yang dilihat adalah standar lantai dengan spesifikasi khusus, yang biasa disebut dengan Cementitious Coating

Cementitious Coatings adalah lapisan atas lantai yang berbahan dasar pasir, semen khusus, pigmen warna, dan agregat padat. Sistem lantai ini memiliki ketahanan yang sangat tinggi sehingga sangat cocok untuk pabrik dan gudang. Sistem lantai ini memberikan solusi hemat biaya yang luar biasa untuk proyek pembangunan baru,” ujar CEO Cipta Sarana Mandiri, Damardono, dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis (15/7).

Baca juga : Bantuan 1.000 Ventilator Australia Tiba Di Jakarta

Pada proses pengerjaan lantai Cementitious Coatings, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Menurut Damardono, beberapa pabrik makanan dan minuman merupakan pabrik yang sangat sibuk. Apalagi jika produknya sedang digemari masyarakat luas, sehingga proses pengaplikasian lantai hanya bisa dilakukan pada hari Lebaran saat pabrik tutup. 

Namun, pada waktu libur Lebaran, sumber daya yang ada menjadi terbatas, baik dari segi sumber daya manusia maupun waktu. Toko material pun banyak yang tutup, sehingga perlu persiapan yang maksimal. “Dampaknya, jika pekerjaan tidak selesai sesuai waktu yang diinginkan, pabrik tidak akan bisa berjalan dan dapat mengalami kerugian besar. Satu hari saja pabrik makanan tutup, dapat mengalami kerugian miliaran rupiah,” ujarnya.

Baca juga : Kuartal I, Pembiayaan Home Credit Paling Banyak Buat Smartphone

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam pengaplikasian Cementitious Coatings adalah, pabrik makanan juga sensitif terhadap bau. Sehingga penggunaan produk non odor atau tanpa bau menjadi penting. Partisi yang digunakan untuk menutup area pengerjaan lantai juga harus sangat rapat, agar debu tidak mengkontaminasi produk. Sebab, jika sekali mengkontaminasi, walau hanya material asing setitik saja, maka produk makanan yang dijual perusahaan tersebut akan di-reject dan hal ini merupakan isu besar. Jika satu batch di-reject, kerugian perusahaan bisa mencapai miliaran rupiah.

“Karena berbagai urgensi tersebut, perusahaan makanan dan minuman perlu memilih produk dan jasa Cementitious Coatings yang tepat. Salah satu produk Cementitious Coating adalah MasterTop 100. MasterTop 100 adalah bubuk kering yang digunakan pada atas lantai beton yang masih baru,” ujarnya. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.