Dewan Pers

Dark/Light Mode

Transaksi Livin’ By Mandiri Tembus Rp 728,9 T

Kamis, 29 Juli 2021 16:51 WIB
Jajaran direksi Bank Mandiri saat paparan kinerja Kuartal II-2021. (Foto: ist)
Jajaran direksi Bank Mandiri saat paparan kinerja Kuartal II-2021. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk terus memacu inovasi digital untuk meningkatkan akses nasabah kepada layanan dan produk perbankan. Apalagi di tengah pandemi Covid-19, di mana kebutuhan digital kian meningkat.

Bank Mandiri berharap, inisiatif ini dapat mendukung upaya memperkuat konsumsi rumah tangga dalam rangka pemulihan ekonomi nasional serta meningkatkan kinerja keuangan perseroan.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan, pihaknya telah menyusun strategi pengembangan inovasi digital perseroan dalam memenuhi kebutuhan layanan keuangan nasabah, baik perusahaan maupun individual.

Berita Terkait : Semester I, Mandatori B30 Hemat Rp 29,9 T

"Bagi nasabah retail, kami telah mengenalkan Livin' by Mandiri yang akan dikembangkan menjadi super app yang dapat memberi nasabah akses lebih luas ke produk dan layanan Mandiri Group," jelasnya dalam paparan kinerja kuartal II-2021 secara virtual, Kamis (29/7). 

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan nasabah wholesale, pihaknya juga tengah mengembangkan platform digital untuk memenuhi kebutuhan transaksional, di mana nantinya solusi transaksi nasabah wholesale akan menjadi terintegrasi ke dalam satu platform yang rencananya akan diluncurkan pada kuartal IV tahun ini.

Dia mengatakan, sejauh ini cukup bersyukur dengan pencapaian ekspansi perbankan digital yang dilakukan Bank Mandiri. Buktinya, pengguna aplikasi Livin’ By Mandiri hingga Juni 2021, tercatat sebesar 7,8 juta nasabah dengan nilai transaksi finansial yang dibukukan mencapai sebesar Rp 728,9 triliun tumbuh 59 persen secara year on year (yoy) pada periode Januari-Juni 2021.

Berita Terkait : Peredaran Uang Juni Tembus Rp 7.119,6 T

Peningkatan tersebut salah satunya disebabkan oleh tren transaksi nasabah yang sudah mulai beralih menuju layanan Livin’ by Mandiri. Tercermin dari frekuensi transaksi nasabah melalui aplikasi Livin’ By Mandiri sepanjang Semester I-2021 yang mencapai 434,9 juta transaksi atau tumbuh 65 persen yoy.

Selain Livin' by Mandiri, salah satu inisiatif unggulan lainnya adalah dukungan program Open Banking melalui Mandiri API (Application Programming Interface) yang memungkinkan kolaborasi antara platform pelaku bisnis dan layanan Bank Mandiri secara seamless. 

Hingga kuartal II-2021 jumlah transaksi melalui Mandiri API meningkat secara signifikan sebesar 136 persen yoy dengan nilai transaksi yang tumbuh lebih dari 2 kali lipat yoy. [DWI]