Dark/Light Mode

Bandara Internasional Lombok Siap Dukung Perhelatan Superbike Di The Mandalika

Jumat, 30 Juli 2021 19:05 WIB
Bandara Internasional Lombok. (Dok. Angkasa Pura I)
Bandara Internasional Lombok. (Dok. Angkasa Pura I)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bandara Internasional Lombok siap mendukung perhelatan olahraga otomotif _World Superbike_ pada November 2021 dan berbagai event lainnya yang akan digelar di kawasan The Mandalika.

Kesiapan ini didukung dengan telah rampungnya pembangunan terminal baru penumpang dan pembaruan dokumen administratif Aeronautical Information Publication (AIP), di mana dalam AIP tersebut juga mencantumkan fasilitas _runway_ dan _apron_ baru Bandara Lombok.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan, selesainya pengembangan terminal baru Bandara Lombok ini menambah total luasan terminal penumpang menjadi 43.501 meter persegi dengan kapasitas sekitar 7 juta penumpang per tahun.

Baca juga : Biar Nggak Impor, Dukung Perluasan Lahan Garam NTT

Bertambah juga 19.378 meter persegi dari luas eksisting yang hanya 24.123 meter persegi dengan kapasitas yang hanya dapat menampung 3,5 juta penumpang per tahun.

Menurutnya, dengan penambahan kapasitas dan wajah terminal baru ini, Bandara Lombok siap mendukung kelancaran perhelatan olahraga otomotif World Superbike pada akhir 2021 dan berbagai event yang akan dielenggarakan di Kawasan The Mandalika.

"Angkasa Pura I senantiasa berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan di berbagai bandara kelolaannya, salah satunya dengan melakukan pembangunan fasilitas terminal baru Bandara Lombok," ujar Faik Fahmi dalam keterangan persnya, di Jakarta, Jumat (30/7/2021).

Baca juga : Bamsoet Minta Pemerintah Dukung Perkembangan Kompetensi Kedokteran

Selain proyek perluasan terminal penumpang, Angkasa Pura I juga juga melakukan perpanjangan dan pengerasan landas pacu _(runway)_ Bandara Internasional Lombok dari 2.750 meter menjadi 3.300 meter dan pengerasan runway meningkatkan nilai PCN dari 56 menjadi 64.

Dengan spesifikasi panjang _runway_ dan tingkat PCN itu, maka runway Bandara Lombok Praya dapat mendukung operasional pesawat berbadan lebar (wide body) sekelas B777 dan pesawat kargo peserta MotoGP.

Hingga pertengahan Juli 2021, progress proyek perpanjangan _runway_ Bandara Lombok mencapai 55,89 persen dan ditargetkan dapat selesai pada Oktober 2021.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.