Dark/Light Mode

Proyek Jalan Layang Ke Bandara Ahmad Yani Semarang Hampir Rampung

Sabtu, 7 Agustus 2021 19:31 WIB
Jalan layang akses Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang sepanjang 1,2 kilometer dengan lebar 10,25 meter. (Dok. Angkasa Pura I)
Jalan layang akses Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang sepanjang 1,2 kilometer dengan lebar 10,25 meter. (Dok. Angkasa Pura I)

RM.id  Rakyat Merdeka - Aksesibilitas Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang akan semakin mudah dan lancar seiring dengan hampir rampungnya jalan layang akses Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang. 

Hingga 31 Juli lalu, progress pekerjaan pembangunan jalan layang akses bandara tersebut mencapai 93,26 persen. Dan, ditargetkan dapat selesai pada Agustus 2021 ini.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang sebentar lagi terhubung dengan jalan layang akses langsung dan khusus menuju pusat Kota Semarang.

Baca juga : Jokowi Senang, Tapi Siaga

Jalan layang akses bandara ini akan semakin memudahkan dan melancarkan mobilitas masyarakat dari dan menuju pusat kota Semarang, tanpa khawatir terhalang kemacetan dan potensi banjir pada musim hujan.

"Angkasa Pura I berterima kasih atas dukungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah-Daerah Istimewa Yogyakarta, Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan pihak lainnya yang mendukung terwujudnya jalan layang akses Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang ini," ujar Faik Fahmi.

Dijelaskan, titik awal jalan layang ini dari Jalan Anjasmoro melintasi Jalan Arteri Yos Sudarso dan membentang hingga Jalan Madukoro.

Baca juga : Mulai 1 Agustus, Bandara AP II Wajibkan Penumpang Pakai Aplikasi PeduliLindungi

Sebelumnya, akses terminal baru Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang masih tercampur dengan lalu lintas lokal dan lalu lintas menuju perumahan sekitar bandara.

Sehingga kelancaran mobilitas dari menuju bandara berpotensi terganggu. Dengan adanya jalan layang akses langsung menuju bandara ini, maka titik kemacetan seperti di Kawasan Puri Anjasmoro dapat dihindari sehingga mobilitas dari dan menuju bandara akan semakin lancar.

Jalan layang akses bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang ini akan mengusung budaya lokal yang dituangkan dalam desain arsitektur.

Baca juga : Modern Dan Tradisional, Pengembangan Bandara Baru Sam Ratulangi Manado Capai 92 Persen

Selain itu, pembangunan jalan layang ini demi mendukung kawasan wisata dan kuliner di sekitar jalan akses menuju bandara.

Terminal baru Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang yang mengadopsi konsep _eco-airport_ dan _floating airport_ ini resmi beroperasi sejak Juni 2018.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.