Dark/Light Mode

Selamat, Staf Frontliner Bandara Soekarno-Hatta Jadi Yang Terbaik Di Dunia

Minggu, 8 Agustus 2021 21:26 WIB
Staf Frontliner Bandara Soekarno-Hatta saat mengecek suhu tubuh dan melayani penumpang (Foto: Dok. AP II)
Staf Frontliner Bandara Soekarno-Hatta saat mengecek suhu tubuh dan melayani penumpang (Foto: Dok. AP II)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bandara Soekarno-Hatta dinilai sebagai salah satu bandara dengan staf terbaik di dunia dan berhasil meraih Sktrax World Airport Awards 2021 sebagai peringkat 10 kategori World’s Best Staff Airport 2021. Penghargaan ini diberikan sejalan dengan kualitas staf frontliner di bandara mencakup perilaku, keramahan, dan efisiensi dalam melayani pelanggan. Staf frontliner termasuk staf yang bekerja membantu pelanggan, staf keamanan, staf imigrasi, staf ritel, dan lain sebagainya. 

President Director PT Angkasa Pura II (Persero) [AP II] Muhammad Awaluddin mengatakan, penghargaan dari dunia internasional ini membuktikan dedikasi staf di Bandara Soekarno-Hatta dalam menjalankan tugas dan pekerjaannya. 

“Kami sangat bangga dan berterima kasih kepada seluruh staf frontliner di Bandara Soekarno-Hatta, baik staf dari AP II maupun stakeholder lainnya, atas dedikasi menjalankan tugas. Pandemi Covid-19 tidak menjadi penghalang bagi kalian untuk tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan kini kalian menjadi salah satu yang terbaik di dunia,” ujarnya, dalam keterangan yang diterima RM.id, Minggu (8/8).

Baca juga : Mantap, Peringkat Soekarno-Hatta Naik Lagi Di Daftar Bandara Terbaik Dunia

Muhammad Awaluddin kemudian mengucapkan terima kasih kepada para staf itu yang telah membawa Bandara Soekarno-Hatta berada di jajaran Top 10 World’s Best Staff Airport 2021. “Hal ini sekaligus menunjukkan kepada dunia bahwa bahwa Indonesia memiliki orang-orang terbaik dalam bidang hospitality khususnya memberikan suatu airport hospitality experience kepada penumpang pesawat atau pengunjung bandara,” ujarnya.

Inovasi juga dihadirkan dalam layanan kepada pelanggan di Bandara Soekarno-Hatta, seperti adanya personel digital officer with digital device, Video Customer Assistant (VICA), concierge express, dan lain sebagainya. 

Berikut secara umum staf frontliner AP II yang bertugas di Bandara Soekarno-Hatta untuk melayani berbagai kebutuhan penumpang pesawat dan pengunjung bandara:

Baca juga : Alihkan 798 Menara, Telkom Ingin Mitratel Jadi Industri Tower Terbesar Di Dunia

1. Service Quality Inspector 
Bertugas untuk memastikan pelanggan dapat selalu mendapatkan seamless journey experience selama di bandara dengan mengukur, memantau, menganalisis aktivitas pelayanan di bandara. Selain itu, petugas juga melakukan tindak lanjut atas temuan yang menyangkut pelayanan di bandara. 

2. Customer Service
Bertugas melakukan kegiatan pelayanan informasi di information counter atau melalui VICA (Video Customer Assistant), melakukan pengumuman terkait penerbangan dan non-penerbangan melalui Public Adress System, menangani kebutuhan pelanggan secara langsung maupun tidak langsung, dan juga melakukan pelayanan di VIP room

3. Digital Officer with Digital Device
Petugas customer service yang dilengkapi dengan berbagai gadget untuk memastikan suatu isu dapat ditangani dengan baik agar tidak semakin besar
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.