Dark/Light Mode

Gandeng Ikatan Alumni ITB, Pertamina Rosneft Berikan Donasi Peduli Covid

Jumat, 13 Agustus 2021 20:40 WIB
Penyerahan donasi Program Bantuan Peminjaman Tabung Oksigen IA ITB. (Foto: ist)
Penyerahan donasi Program Bantuan Peminjaman Tabung Oksigen IA ITB. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia (Pertamina Rosneft) bekerja sama dengan Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA ITB) meluncurkan inisiatif Pertamina Rosneft Peduli Covid-19. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu penanganan Covid-19.

Inisiatif diwujudkan melalui Bantuan Peminjaman Tabung Oksigen. Kebutuhan tabung oksigen kian krusial menyusul lonjakan permintaan di Indonesia karena semakin banyaknya pasien Covid-19 yang masuk dalam perawatan rumah sakit dengan menunjukkan gejala sedang dan berat. 

Per Selasa (10/8) ada 448.508 kasus aktif Covid-19 di Indonesia yang menjalani perawatan, dari total kasus Covid nasional sebanyak 3.686.740.

Baca juga : Gandeng Artis Senior, Polres Jakbar Tinjau Sentra Vaksinasi Merdeka

Kondisi ini pun memicu peningkatan kebutuhan tabung oksigen. 

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) yang mengacu pada kondisi di China, rata-rata ada sekitar 15 persen pasien Covid-19 menunjukkan gejala berat sehingga membutuhkan terapi oksigen. Sementara itu, 5 persen lainnya berada dalam kondisi kritis yang memerlukan perawatan di Unit Gawat Darurat (UGD) dengan bantuan tabung oksigen dan ventilator.

Presiden Direktur Pertamina Rosneft, Kadek Ambara Jaya mengatakan, anak bangsa harus bahu-membahu dan membangkitkan semangat berbagi untuk membantu pemerintah menangani dampak pandemi yang kini masih berlarut, akibat penyebaran virus Covid-19 varian delta di seluruh dunia.

Baca juga : Grand Design Olahraga Buka Jalan Cetak Atlet Berprestasi Di Dunia

“(Perkembangan situasi Covid-19) di Indonesia saat ini luar biasa. Sejak bulan Juli angka agregat kasus positif Covid-19 mencapai lebih dari 3 juta. Yang lebih menyedihkan, begitu banyak anak yatim piatu baru akibat pandemi Covid-19 ini. Kondisi tidak menentu ini seharusnya menjadi titik tolak bagi kita menumbuhkan kepribadian yang memiliki empati dan semangat saling berbagi,” tuturnya.

Untuk itu, Kadek mengucapkan apresiasi terhadap Program Bantuan Peminjaman Tabung Oksigen yang diselenggarakan oleh IA ITB sehingga dapat menjadi jalan bagi setiap orang dan perusahaan untuk berkontribusi dalam penanganan Covid-19. “Kami bersyukur bahwa teman-teman IA ITB memberikan kesempatan kepada kami untuk berbagi, dan mudah- mudahan kontribusi kami dapat meringankan beban rekan-rekan penderita Covid-19,” ujarnya.

IA ITB melalui Badan Penanggulangan Bencana Alam IA ITB selama pandemi Covid-19 telah menyelenggarakan beberapa program dukungan bagi masyarakat dalam menghadapi efek Covid-19, antara lain dengan peminjaman tabung oksigen, penyediaan obat-obatan, hingga vaksinasi gratis. Kerja sama Pertamina Rosneft dan IA ITB ini menjadi langkah strategis bagi Pertamina Rosneft untuk berkontribusi dalam penanggulangan Covid-19 dan secara bersamaan membina hubungan baik dengan para pemangku kepentingan perusahaan secara luas.

Baca juga : Gandeng UMKM Ansor, BNI-Pertamina Genjot Pertashop dan Agen46

Ketua Umum IA ITB, Gembong Primadjaja mengatakan, komitmennya untuk menyalurkan bantuan Pertamina Rosneft kepada pihak yang membutuhkan. Menurut dia, Badan Penanggulangan Bencana Alam IA ITB telah berperan aktif dalam membantu penderita Covid-19, baik dalam bentuk tabung oksigen maupun penyediaan obat-obatan, 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pertamina Rosneft atas kontribusi dan semangat berbagi yang ditunjukkan dalam kesempatan kali ini,” pungkas Gembong. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.