Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KPK Ingatkan Ancaman Pidana Bagi Perintang Pencarian Harun Masiku

Senin, 2 Agustus 2021 11:05 WIB
Buronan kasus suap pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR Harun Masiku. (Foto: Ist)
Buronan kasus suap pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR Harun Masiku. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengingatkan ancaman pidana bagi pihak-pihak yang secara sengaja menghalangi pencarian dan penangkapan buronan kasus dugaan korupsi penetapan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR RI 2019-2024, Harun Masiku.

Berdasarkan Pasal 21 Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor), ancaman pidananya maksimal 12 tahun penjara.

Baca juga : Kita Miliki Peluang Pulihkan Ekonomi

"Jika ada pihak yang diduga sengaja menyembunyikan buronan, kami ingatkan dapat diancam pidana sebagaimana ketentuan Pasal 21 UU Tipikor," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri lewat pesan singkat, Senin (2/8).

Pasal itu berbunyi, "Setiap orang yang dengan sengaja mencegah, merintangi, atau menggagalkan secara langsung atau tidak langsung penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan di sidang pengadilan terhadap tersangka dan terdakwa ataupun para saksi dalam perkara korupsi, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 3 tahun dan paling lama 12 tahun dan atau denda paling sedikit Rp150 juta dan paling banyak Rp 600 juta".

Baca juga : Komisi I DPR: Keamanan Digital Komponen Penting Pertahanan Negara

Ali sendiri enggan menyampaikan informasi soal lokasi-lokasi yang sudah disisir tim penyidik dalam upaya menangkap Harun Masiku.

"Kami tentu tidak bisa menyampaikan tempat dan waktu pencarian, karena itu teknis di lapangan yang tidak bisa kami publikasikan," imbuh Jubir berlatarbelakang jaksa itu.

Baca juga : Menaker Siap Bantu Bukakan Rekening

Yang pasti, ditegaskan Ali, KPK berkomitmen menuntaskan pengusutan kasus yang menjerat mantan calon legislatif (caleg) PDIP tersebut.

"KPK masih terus berupaya menemukan DPO dimaksud baik pencarian di dalam negeri maupun kerja sama melalui NCB Interpol," tandasnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.