Dark/Light Mode

Gandeng JXB, Zipmex Berikan Makanan Sehat Buat Petugas PJLP

Jumat, 6 Agustus 2021 17:56 WIB
Petugas PJLP mendapat makanan sehat dari Zipmex dan JXB. (Foto: ist)
Petugas PJLP mendapat makanan sehat dari Zipmex dan JXB. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Zipmex Indonesia berkolaborasi dengan Jakarta Experience Board (JXB) atau PT Jakarta Tourisindo memberikan makanan sehat bagi para petugas Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP). 

Raymond Sutanto, Co-Founder Zipmex Indonesia mengapresiasi, kerja keras petugas PJLP yang selama pandemi Covid-19 tak hanya mengerjakan tugas pengelolaan taman saja, tetapi juga dikerahkan sebagai petugas penggali kubur, pembersih makam, supir mobil jenazah, dan penjaga makam.

Karenanya, melalui aksi #ZipmexPeduliPJLP, Zipmex, pemberian santapan sehat tersebut diharapkan dapat menyemangati sekaligus menunjang imunitas para petugas. Terlebih melihat kasus Covid-19 yang belum kunjung reda.

"Ada 3.320 paket santapan sehat yang dibagikan ke tujuh TPU (tempat pemakanan umum) mulai 30 Juli hingga 3 Agustus 2021. Kami berikan dua kali sehari yaitu makan siang dan makan malam," ujarnya, Jumat (6/8). 

Baca juga : Luncurkan Food Careline Services, ACT Bagikan Makanan Siap Saji Untuk Warga

Adapun, ketujuh TPU tersebut antara lain TPU Rorotan, TPU Pondok Ranggon, TPU Bambu Apus, TPU Tanah Kusir, TPU Srengseng Sawah, TPU Kampung Kandang dan TPU Utan Kayu.

Ia menuturkan, kontribusi PJLP dalam program penanganan pandemi Covid-19 seperti ini sama pentingnya dengan tenaga kesehatan. Sebab, petugas PJLP harus mengorbankan waktunya dan berpisah dengan keluarga untuk sementara waktu demi tugas kemanusiaan. 

PJLP sendiri secara umum mengacu pada penyedia jasa yang ditugaskan di berbagai dinas dengan jenis pekerjaan yang disesuaikan dengan dinas terkait.

Beberapa di antaranya adalah Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), pasukan hijau (Dinas Pertamanan), pasukan biru (Dinas SDA), pasukan kuning (Dinas Bina Marga), petugas keamanan (Pamdal), dan pasukan pelangi lainnya.

Baca juga : Gandeng Xiaomi, Pahamify Tawarkan Paket Back To School

Meski peran petugas PJLP berkontribusi besar, sayangnya kerap terlupakan semasa pandemi. "Para petugas ini menyiapkan perpisahan terakhir antara pasien dan keluarga, memenuhi panggilan pekerjaan yang tidak kenal waktu. Makanya, kami berharap melalui makanan sehat ini, mereka dapat terus semangat," tuturnya. 

Pada pertengahan Juli lalu, PJLP di TPU Rorotan harus memakamkan hingga lebih dari 100 jenazah per hari. Bahkan, dalam hitungan hari, tanah lapangan di TPU Rorotan berubah dipenuhi papan nisan dan gundukan.

Hingga saat ini, kasus positif Covid-19 di Jakarta telah mencapai angka 817.354, sekitar 15,3 persen dari jumlah keseluruhan kasus di Indonesia. Jumlah yang tinggi ini hanya dapat dikendalikan dan ditangani melalui kolaborasi beragam lapisan masyarakat. 

Direktur Utama JXB, Novita Dewi berharap, program yang menjadi wujud kolaborasi antara Pemerintah, BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) dan Pihak Swasta ini dapat mendukung program penanganan Covid-19 yang dicanangkan pemerintah. 

Baca juga : Gandeng 7 Perusahaan, Kemenperin Perkuat SDM Teknologi Kertas

"Bantuan apapun menjadi sangat signifikan agar kita dapat saling rangkul dan memotivasi kolaborasi-kolaborasi lainnya di masa yang penuh tantangan ini,” pungkasnya. 

Seperti diketahui, JXB merupakan BUMD DKI Jakarta yang bergerak di sektor pariwisata dan perhotelan, ekonomi kreatif dan beautifikasi kota. JXB saat ini mengelola tujuh unit hotel, beberapa di antaranya digunakan sebagai akomodasi bagi para tenaga kesehatan yang bertugas dalam penanganan Covid-19 di DKI Jakarta. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.