Dark/Light Mode

Penjualan Emas Naik, Laba Hartadinata Terdongkrak Rp 171 Miliar

Senin, 16 Agustus 2021 14:20 WIB
RUPS public expose PT Hartadinata Abadi Tbk secara virtual, Senin (16/8). (Foto: Istimewa)
RUPS public expose PT Hartadinata Abadi Tbk secara virtual, Senin (16/8). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Hartadinata Abadi Tbk (Hartadinata), produsen dan penyedia perhiasan emas terintegrasi Indonesia meraih pertumbuhan penjualan menjadi Rp 4.139 miliar. Jumlah ini meningkat Rp 903 miliar dibanding tahun sebelumnya Rp 3.236 milliar.

Selain itu, Perseroan juga memperoleh laba bersih Rp 171 miliar. Pertumbuhan pendapatan Hartadinata di 2020 didorong tidak hanya oleh kenaikan harga emas. Tetapi juga dikarenakan adanya tambahan penjualan dari produk logam mulia yang diluncurkan Perseroan selama 2020.

Berita Terkait : PLN Rogoh Kocek Rp 5,2 Miliar

Chief Financial Officer Hartadinata Abadi Deny Ong menjelaskan, hasil penjualan kepada pihak wholesaler memberikan kontribusi sebesar 91,3 persen. Dan dari toko milik sendiri serta imbalan waralaba  8,1 persen selain dari itu adanya tambahan pendapatan dari hasil usaha pegadaian 0,6 persen.

Selama 2020, volume penjualan masih didominasi oleh produk perhiasan kadar rendah untuk segmen kelas menengah bawah yang berkontribusi 62,9 persen, sedangkan produk logam mulia memberikan kontribusi 13,4 persen terhadap total produk yang dipasarkan Perseroan.

Berita Terkait : Pasar Mobil Nasional Naik, Laba Tunas Ridean Ikut Terdongkrak 100 Persen

"Tingginya kontribusi kelas menengah bawah, membuat Perseroan mempertimbangan untuk tetap mempertahankan penetrasi produk dipasar kelas ini," ujarnya dalam RUPS & public expose secara virtual, Senin (16/8).
 Selanjutnya