Dark/Light Mode

Kayan Hydro Energy Bakal Tambah Kapasitas 3.300 MW

Rabu, 18 Agustus 2021 13:34 WIB
Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kayan Cascade yang dikembangkan PT Kayan Hydro Energy (KHE). (Foto: Ilustrasi)
Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kayan Cascade yang dikembangkan PT Kayan Hydro Energy (KHE). (Foto: Ilustrasi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kayan Cascade yang dikembangkan PT Kayan Hydro Energy (KHE) bakal menambah kapasitas Energi Baru Terbarukan (EBT) terpasang sebesar 3.300 megawatt (MW).

Tambahan tersebut tentu saja membuat kapasitas EBT terpasang secara keseluruhan ikut terdongkrak mengingat realisasi kapasitas terpasang pembangkit listrik berbasis EBT hingga akhir 2020 baru mencapai 10.467 megawatt.

Data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat, hingga awal 2021 kapasitas pembangkit EBT masih didominasi oleh PLTA yang mencapai 6.121 MW.

Baca juga : Fokus Kembangkan EBT, PLN Tambah Kapasitas Pembangkit Berbasis Hidro

Capaian tersebut disusul oleh pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) yang mencapai 2.130,7 MW, pembangkit bioenergi 1.903,5 MW, pembangkit bayu 154,3 MW, pembangkit surya 153,5 MW, pembangkit hybrid 3,6 MW.

Direktur Operasional PT KHE Khaeroni menegaskan bahwa keberadaan PLTA Kayan Cascade akan menghasilkan sumber listrik EBT yang ramah lingkungan.

"Listrik PLTA bukan hanya ramah lingkungan tapi juga sangat bisa bersaing dengan listrik yang dihasilkan dari energi fosil," ujar Khaeroni dalam keterangan resminya, Rabu (18/8).

Baca juga : Permintaan Melonjak, Pemerintah Tambah Kuota FLPP 23.362 Unit Ke BTN

Hal ini sejalan pula dengan harapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memperkuat perkembangan ekonomi berbasis inovasi dan teknologi, khususnya ke arah ekonomi hijau dan ekonomi biru berkelanjutan.

Presiden Jokowi dalam pidatonya di Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD pada 16 Agustus 2021 memang mengatakan, transformasi menuju energi baru dan terbarukan serta akselerasi ekonomi berbasis teknologi hijau, akan menjadi perubahan penting dalam perekonomian Indonesia.

"Ini tepat sekali. Sesuai dengan harapan yang diucapkan Presiden saat pidato kenegaraan kemarin, KHE mengembangkan PLTA Kayan Cascade yang akan berkontribusi besar terhadap penurunan emisi gas rumah kaca dunia," kata Khaeroni.

Baca juga : Pandemi, 19 Bank Dapat Tambahan Kuota FLPP

Pembangunan PLTA Kayan Cascade yang dipelopori oleh KHE dimulai sejak tahun 2011 memanfaatkan area sepanjang sungai Kayan. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.