Dark/Light Mode

Selamatkan Garuda, Erick Bakal Pangkas Jumlah Komisaris

Rabu, 2 Juni 2021 14:10 WIB
Komisaris PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Peter F Gontha. (Foto: Ist)
Komisaris PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Peter F Gontha. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisaris PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Peter F Gontha mengusulkan kepada para Direksi Garuda Indonesia untuk menangguhkan pembayaran gaji para komisaris.  Hal ini untuk meringankan keuangan maskapai pelat merah tersebut. Surat Peter Gontha beredar dikalangan wartawan. 

"Demi sedikit meringankan beban perusahaan, untuk segera, bulan mei yang memang pembayarannya ditangguhkan, memberhentikan pembayaran honorarium kami sampai rapat pemegang saham mendatang," kata Peter seperti dikutip dalam surat tersebut.

Peter menjelaskan, kondisi Garuda semakin buruk karena beberapa masalah. Misalnya, tidak adanya penghematan dari sisi operasional dan evaluasi terhadap perubahan atau pengurangan rute yang merugi.

Baca juga : Jalankan Kewajiban, ASABRI Serahkan Santunan Ke Ahli Waris

Komisaris, kata dia, juga tidak memperoleh informasi mengenai proses negosiasi ulang dengan lessor. Di sisi lain, Peter menyayangkan berbagai keputusan yang diambil Kementerian BUMN dilakukan secara sepihak dan tidak melibatkan Dewan Komisaris Garuda.

"Saran komisaris tidak diperlukan. Aktivitas komisaris hanya 5-6 jam per minggu," ujarnya.

Peter berharap keputusannya menjadi contoh bagi pihak lain melakukan langkah serupa di Garuda. "Agar sadar akan kritisnya keadaan perusahaan," tegasnya.

Baca juga : Kepatil Corona, Vidal Masuk Rumah Sakit

Menteri BUMN Erick Thohir menyutujui usulan Peter Gontha itu. Bahkan, ia berencana untuk memangkas jumlah komisaris.

"Saya rasa yang diusulkan Peter Gontha sangat bagus, kita harus puji. Bahkan saya ingin mengusulkan, kalau bisa komisaris Garuda dua saja, jangan yang ada pensiun dini tapi komisarisnya tidak dikurangi. Kami akan kurangi nanti," ujarnya dalam konferensi pers di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (2/6).

Erick yang juga Ketua Pelaksana KPCPEN menginginkan, nantinya Garuda hanya memiliki dua atau tiga komisaris. Menurutnya, rencana bagian dari efisiensi di tubuh Garuda.

Baca juga : Erick: Amalkan Pancasila dengan Bersatu

"Jadi benar-benar mencerminkan keseriusan Komisaris dan Direksi garuda. Kan yang menjalankan keseharian bukan saya," tegasnya.

Erick menambahkan, rencana ini bakal di matangkan dalam RUPS Garuda yang dalam waktu 2 minggu mendatang.

"Ini jadi masukan yang bagus, Nanti kita lakukan sesegera mungkin, kasih waktu 2 minggu. Ada RUPS-nya tapi, mesti berdasarkan RUPS, nanti kita kecilkan jumlah komisarisnya," ucapnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.