Dark/Light Mode

Kerek Ekonomi Purbalingga, BTN Kembangkan Sektor Perumahan

Senin, 13 Mei 2019 11:46 WIB
Menara BTN. (Foto: Situs Budaya)
Menara BTN. (Foto: Situs Budaya)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Utama BTN Maryono mengaku prihatin dengan angka kemiskinan yang masih cukup tinggi di Purbalingga. Untuk itu, pihaknya akan mendorong sektor perumahan bisa berkembang di daerah tersebut.

“Jika sektor perumahan bisa berkembang, maka akan menggerakkan roda perekonomian di Purbalingga," jelas Maryono dalam keterangannya kemarin.

Baca juga : PSSI dan FA Komitmen Kembangkan Sepak Bola Indonesia

Menurut Maryono salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membangun perumahan yang layak berbasis komunitas. Adapun produk yang akan ditawarkan yakni skema Kredit Perumahan Rakyat (KPR) Mikro Academy-Business-Community Government atau ABCG.

"Ini tadi saya sudah bicarakan dengan Bupati, misalnya pada karyawan-karyawan di sini kan banyak industri-industri kecil, sehingga bisa kita biayai, kalau Pemda menyediakan tanah, nantinya kita bangun dengan pemerintah," katanya.

Baca juga : Konser Indonesia Raya Pecahkan Rekor Dunia

Maryono menuturkan, melalui skema KPR ABCG, Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) akan mendapatkan akses pendanaan dari bank untuk memiliki rumah. Adapun ABCG merupakan skema hasil kolaborasi 4 pihak yang tediri dari akademisi, dunia usaha atau bisnis, komunitas dan pemerintah untuk mendukung pembangunan perumahan swadaya berbasis komunitas yang membutuhkan rumah tinggal.

"MBR yang dibidik dalam skema ABCG adalah mereka yang hidup di rumah kontrakan, di lingkungan yang tidak layak huni. Sebagian dari mereka berprofesi sebagai pekerja honorer seperti guru tidak tetap, wirausaha, pegawai swasta dan lain-lain," ujar Maryono.

Baca juga : Kemenangan Jokowi-Maruf Cuma Tinggal Diumumkan Secara Resmi

Pada kesempatan itu, BTN memberikan bantuan senilai total Rp 250 juta. Selain bantuan untuk renovasi masjid, BTN juga membangun rumah layak huni.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan, kondisi Kabupaten Purbalingga, di antara kabupaten-kabupaten lain yang berada di eks Keresidenan Banyumas, masih memiliki permasalahan yang sangat mendasar dan krusial yakni kemiskinan. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.