Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

HUT Ke-54, INSA Sebar Bantuan Untuk Yatim Piatu Imbas Covid-19

Kamis, 23 September 2021 15:51 WIB
Wakil Ketua Umum III DPP INSA Nova Y. Mugijanto dan Anggota Bidang IT & Marketing INSA Roland Permana menyalurkan bantuan di Kantor Kas dan Asrama Putra Rumah Yatim, Kemang Utara, Jakarta Selatan, Kamis (23/9). (Foto: Ist)
Wakil Ketua Umum III DPP INSA Nova Y. Mugijanto dan Anggota Bidang IT & Marketing INSA Roland Permana menyalurkan bantuan di Kantor Kas dan Asrama Putra Rumah Yatim, Kemang Utara, Jakarta Selatan, Kamis (23/9). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Pengurus Pusat Indonesia National Shipowners Association (INSA) menggelontorkan bantuan bagi 250 anak yatim piatu akibat pandemi Covid-19. Hal ini sekaligus sebagai rangkaian acara syukuran peringatan ulang tahun INSA yang ke-54.

Penyerahan santunan diberikan secara simbolis oleh Wakil Ketua Umum III DPP INSA Nova Y. Mugijanto dan Anggota Bidang IT & Marketing INSA Roland Permana di Kantor Kas dan Asrama Putra Rumah Yatim, Kemang Utara, Jakarta Selatan, Kamis (23/9).

Wakil Ketua Umum III DPP INSA Nova Y. Mugijanto mengatakan, santunan ini difokuskan kepada 250 anak yang menjadi yatim akibat pandemi Covid-19. 

Baca juga : HUT Ke-76, KAI Gelar Event Virtual Ride 2021

"Santunannya berupa perangkat gawai untuk pembelajaran jarak jauh, peralatan sekolah, dan konseling," katanya.

Menurut Nova, pandemi Covid-19 telah menyisakan banyak persoalan yang perlu dibenahi secara bersama-sama oleh seluruh elemen masyarakat. Salah satu pesoalan itu, kata Nova, adalah banyaknya anak-anak yang terpaksa menjadi yatim karena meninggalnya ayah atau ibu sebagai tulang punggung keluarga mereka.

"Kondisi ini berdampak pada banyaknya anak yang terancam putus sekolah karena tidak lagi mampu membayar biaya pendidikan," ujarnya.

Baca juga : ACT Dan MUI Berikan Bantuan Operasional Untuk 1.000 Dai Terdampak Covid-19

Berdasarkan data Kementerian Sosial per 20 Juli 2021, ada 4 juta anak yatim di Indonesia, 11.045 di antaranya menjadi yatim karena orang tuanya meninggal terpapar Covid-19.

Sebagai bagian dari elemen masyarakat, lanjut Nova, INSA tergerak untuk ikut meringankan beban masyarakat. Nova menambahkan, santunan ini juga bentuk kepedulian DPP INSA terhadap sesama khususnya kepada anak-anak Indonesia agar dapat melanjutkan pendidikan setinggi-tingginya, dan juga memberikan pendampingan untuk pemulihan dampak psikologis akibat kehilangan orangtua mereka.

"Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi anak-anak dan terus semangat dalam belajar," ucapnya.

Baca juga : Dubes Sujatmiko Serahkan Bantuan Komunitas WNI Untuk Penanganan Covid-19 Di Brunei Darussalam

Tak hanya bantuan untuk pendidikan, INSA juga mengenalkan dunia pelayaran ke anak-anak yatim. Pengenalan ini, kata dia, dapat menjadi inspirasi bagi anak-anak di masa mendatang. Banyak peluang yang bisa didapatkan dengan berkecimpung di dunia kemaritiman.

Sekedar informasi, program INSA Peduli merupakan salah satu wujud syukur eksistensi 54 tahun INSA di kancah Industri pelayaran nasional. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.