Dark/Light Mode

Kemendag Sukses Cetak UKM Eksportir

Damar Batu Dan Lidi Sawit Tembus Pasar Asia Selatan

Sabtu, 9 Oktober 2021 20:47 WIB
Pelepasan ekspor lidi sawit ke Indonesia, di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (8/10). (Foto: Kemendag)
Pelepasan ekspor lidi sawit ke Indonesia, di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (8/10). (Foto: Kemendag)

 Sebelumnya 
Direktur CV Miracle Agro Spices Hana Beladina menyampaikan, dukungan program pendampingan serta pemanfaatan saluran promosi media PPEI, Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, dan situs web resmi Kemendag membantu UKM-UKM peserta pendampingan seperti yang dipimpinnya untuk dikenal oleh calon pembeli mancanegara.

“Terima kasih atas program pendampingan ini sehingga kami bisa mengekspor, bahkan berlanjut dengan repeat order dalam kuantitas dan nominal yang lumayan besar dari yang sebelumnya. Kami sangat antusias dengan ECP yang sangat bermanfaat menjadikan kami lebih siap memasuki kancah ekspor. Jika kami diberi kesempatan bergabung dalam pameran Trade Expo Indonesia, akan kami manfaatkan dengan sungguh-sungguh,” ungkap Hana.

Dalam acara pelepasan ekspor itu, turut hadir secara fisik perwakilan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur. Sedangkan hadir secara daring Kepala Balai Besar PPEI Kemendag Heryono Hadi Prasetyo, Atase Perdagangan di New Delhi Bona Kusuma, dan Kepala Indonesian Trade Promotion Center Chennai Kumara Jati.

Pendampingan Ekspor ECP
Export Coaching Program (ECP) merupakan kegiatan membina UKM dengan lama program setahun penuh. ECP telah dilaksanakan sejak tahun 2010 oleh Balai Besar Pendidikan dan Pengembangan Ekspor Indonesia (PPEI) Kemendag. Lingkup ECP mencakup peningkatan kualitas produk, kesiapan proses ekspor, pemasaran dan pencarian calon pembeli potensial, perbaikan manajemen produksi, daya saing produk, desain dan kemasan produk untuk tujuan ekspor, serta pengembangan tim ekspor.

“Pasar ekspor masih terbuka lebar untuk berbagai produk UKM Indonesia. Perlu keuletan dan dukungan yang tepat untuk mendorong penetrasi ke pasar internasional. Kami harap semakin banyak pelaku UKM yang berhasil ekspor dan menginspirasi pelaku usaha lainnya. Dengan demikian, peningkatan kontribusi ekspor UKM terhadap total ekspor nasional dapat terwujud,” kata Didi.

ECP untuk wilayah Jawa Timur saat ini sudah sampai tahap ke-5 dari delapan tahapan, yaitu penjajakan dengan calon buyer (business matching). Business matching dilangsungkan pada 7 Oktober 2021 secara virtual. Calon pembeli mancanegara difasilitasi Atase Perdagangan Kuala Lumpur, Atase Perdagangan Canberra, Atase Perdagangan Brusel, serta Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei. Peserta ECP diberi pendampingan mengenai kesiapan dokumen ekspor, bernegosiasi dengan calon pembeli, pengetahuan tentang kepabeanan dan pengiriman barang ekspor, kalkulasi harga ekspor, dan sistem pembayaran ekspor.

Kepala Balai Besar PPEI Heryono Hadi Prasetyo menyampaikan, hingga hari ini sudah ada lima pelaku usaha peserta ECP Jawa Timur yang telah berhasil ekspor dengan nilai total 159,8 ribu dolar atau sekitar Rp 2 miliar. Secara total, dari 10 wilayah diadakannya ECP, sudah ada 18 pelaku usaha yang berhasil ekspor dengan total nilai 374,7 ribu dolar AS atau sekitar Rp 5,4 miliar.

“Program ECP ditujukan bagi para pelaku usaha yang telah mendaftarkan diri dan memenuhi kriteria untuk mengikuti program pendampingan ekspor dan melalui proses verifikasi. Para  peserta memperoleh pengetahuan ekspor secara komprehensif dan memiliki kesempatan menjalin jaringan dalam perdagangan internasional,” jelas Heryono.

Tahun ini ECP dilaksanakan di 10 kota, yaitu Semarang, Surabaya, Bandung, Bandar Lampung, Jakarta, Yogyakarta, Banda Aceh, Serang, Samarinda dan Makassar. Sebanyak 30 pelaku UKM di setiap wilayah akan didampingi selama program berjalan. Di masa pembatasan kegiatan masyarakat karena pandemi Covid-19, peserta ECP tetap mendapatkan pendampingan secara  daring melalui webinar serta business matching dari para perwakilan perdagangan Indonesia di  berbagai negara. Para peserta pendampingan juga berkesempatan mengikuti kurasi pameran internasional. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.